visitaaponce.com

Iga Swiatek Melaju Sempurna di Stuttgart, Aryna Sabalenka dan Coco Gauff Tersingkir

Iga Swiatek Melaju Sempurna di Stuttgart, Aryna Sabalenka dan Coco Gauff Tersingkir
Iga Swiatek, pemain nomor satu dunia dan juara bertahan, terus menunjukkan dominasinya di turnamen tanah liat Stuttgart(AFP)

PETENIS nomor satu dunia dan juara bertahan Iga Swiatek memperpanjang rentetan kemenangan Stuttgartnya menjadi 10 pertandingan pada Jumat, dengan kemenangan perempat final straight sets atas Emma Raducanu. Sedangkan pesaing gelar Aryna Sabalenka dan Coco Gauff mengalami kekalahan mengejutkan.

Swiatek, unggulan teratas, juara 2022 dan 2023 di turnamen tanah liat Jerman itu, mengalahkan mantan juara US Open Raducanu 7-6 (7/2), 6-3.

Petenis yang sedang memegang gelar juara Wimbledon Marketa Vondrousova mengalahkan petenis nomor dua dunia dan tiga kali runner-up Stuttgart Sabalenka 3-6, 6-3, 7-5.

Baca juga : Ostapenko Pulangkan Juara Bertahan Iga Swiatek

Juara US Open Gauff, yang berada di peringkat tiga dunia, kalah 3-6, 6-4, 7-6 (8/6) dari Marta Kostyuk dari Ukraina.

Petenis berusia 22 tahun itu hanya butuh lebih dari dua jam untuk mengalahkan Raducanu yang bermain di perempat final pertamanya sejak 2022.

"Dia mulai bermain di awal agak longgar, seperti dia tidak punya apa-apa untuk dihilangkan, dan saya benar-benar mengerti itu. Terkadang memang seperti itu," kata Swiatek.

Baca juga : Gauff Mengalahkan Swiatek dan Siap Bertemu Muchova di Final Cincinnati

"Tapi saya tahu saya agak mempertanyakan apakah dia akan bisa mempertahankan intensitas yang sama sepanjang pertandingan. Ini bukan tentang game servis atau game pengembalian. Saya hanya menunggu kesempatan saya untuk membalikkan keadaan dan saya yakin saya akan mendapatkannya."

Meskipun kalah, ada tanda-tanda positif bahwa Raducanu kembali ke performa terbaiknya.

Dua kemenangan untuk Britania Raya dalam kemenangan Piala Billie Jean King melawan Prancis akhir pekan lalu diikuti oleh dua kemenangan di Stuttgart, yang merupakan kali pertama dia memenangkan empat pertandingan berturut-turut sejak kemenangan gelarnya di US Open 2021.

Baca juga : Iga Swiatek Melaju ke Perempat Final Stuttgart Terbuka

Mantan petenis nomor 10 dunia itu datang ke Stuttgart dengan peringkat 303. Dua belas bulan yang lalu, Stuttgart terbukti menjadi acara terakhirnya pada 2023 sebelum menjalani operasi pada kedua pergelangan tangan dan pergelangan kakinya.

Swiatek akan menghadapi unggulan keempat Elena Rybakina, yang mengalahkan Jasmine Paolini 6-3, 5-7, 6-3, untuk tempat di final.

Vondrousova mencapai semi-final pertamanya sejak meraih gelar Wimbledon Juli lalu ketika dia mengejutkan Sabalenka.

Baca juga : Coco Gauff Dipaksa Bekerja Keras di Putaran Kedua Stuttgart Terbuka

Petenis Ceko unggulan keenam itu merayakan kemenangannya pertama atas Sabalenka dalam enam tahun setelah kalah empat kali berturut-turut antara 2018 dan 2023.

Juara Australia Terbuka Sabalenka telah mencoba untuk membuat final Stuttgart untuk tahun keempat berturut-turut.

Petenis Belarusia yang kuat itu menghancurkan 35 pemenang dibandingkan dengan 17 milik Vondrousova, tetapi melakukan 48 kesalahan sendiri dibandingkan dengan 19.

Vondrousova secara krusial mengonversi tujuh dari delapan peluang break point sementara Sabalenka hanya memanfaatkan enam kali dari 15 kesempatan.

Vondrousova akan menghadapi Kostyuk untuk tempat di final Minggu setelah petenis Ukraina peringkat 27 membalas kekalahan perempat final Australia Terbuka nya kepada Gauff.

Kostyuk yang berusia 21 tahun membutuhkan lebih dari tiga jam untuk mengalahkan Laura Siegemund di babak pertama sebelum menyelamatkan lima poin pertandingan untuk mengalahkan Zheng Qinwen di 16 besar.

Pada Jumat, dia bangkit dari 4-2 di set kedua dan tertinggal 3-1 di set ketiga.

Kostyuk meraih kemenangan telak 6/2 dalam tie-break sementara Gauff menyelamatkan total sembilan poin pertandingan.

Ukraina itu mengukir 21 peluang break point dan menembakkan 35 pemenang dibandingkan dengan 21 milik Gauff. (AFP/Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat