visitaaponce.com

Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Ingin Ikuti Balapan Ketahanan 24 Hours of Le Mans

Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Ingin Ikuti Balapan Ketahanan 24 Hours of Le Mans
Valentino Rossi terlihat bersama Francesca Sofia Novello sebelum balapan sprint di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria(AFP/Jure Makovec)

LEGENDA MotoGP, Valentino Rossi sedang menempa karier balap roda empat dengan target dapat mengikuti 24 Hours of Le Mans tahun ini.

Rossi pensiun dari MotoGP pada 2021 dan kini berusia 45 tahun, dengan kekayaan yang hanya bisa diimpikan oleh para pembalap motor lainnya. Beberapa hari lalu, Rossi berhasil meraih podium dalam kejuaraan ketahanan dunia keduanya.

Rossi memberikan penjelasannya yang paling mendalam mengenai perbedaan yang ia rasakan antara mengendarai motor dan mobil. Menurutnya, balapan MotoGP sangatlah mudah.

Baca juga : Rossi akan Berkompetisi di Balapan Ketahanan Mobil

"Motogp sangat mudah. Anda tiba di grid, 40 menit, tiga tikungan pertama sangat penting, kemudian datar sampai akhir," kata Rossi mengutip Crash.

"Di sini (balapan ketahanan). Anda memiliki banyak strategi. Anda harus menghemat ban, mengatur lalu lintas, siap untuk mengubah rencana Anda. Ini adalah perbedaan yang besar, dan tantangan yang besar," imbuhnya.

Kendati demikian, Rossi merinci bahwa ada beberapa kemiripan antara MotoGP dengan balapan ketahanan. Misalnya, pengambilan racing line, momen pengereman, dan lain sebagainya.

Baca juga : Marini Targetkan Podium Perdana dengan Honda di Musim 2024

Ia pun akhirnya dapat berkesimpulan bahwa bakatnya di atas atas motor sama dengan ketika ia dibalik kemudi.

Keinginan Rossi untuk membalap mobil sudah diketahui bahkan sebelum kariernya yang ikonik di MotoGP berakhir.

"Masalahnya adalah saya sudah tua! Saya butuh 10 tahun lagi! Tapi saya bisa berkembang dari tahun ke tahun dan target saya adalah mencapai level mobil GT3. Ini berbeda. ketika Anda berusia 45 tahun, normal jika anda tidak sama seperti saat berusia 25 tahun," terangnya.

Baca juga : Marco Bezzecchi Ungkap Alasan Tetap di VR46

Rossi menunjukkan etos tim dalam balapan di kejuaraan ketahanan dunia sebagai perubahan besar dari motogp.

Lebih lanjut, Rossi juga menyebutkan bahwa di balapan ketahanan sangat diperlukan kerjasama tim. Berbeda dengan MotoGP, yang menurutnya, sangat individualis.

"Di sini lebih ke arah kerja sama tim. Terutama dengan rekan satu tim dalam satu mobil. Dalam balap mobil Anda selalu melakukan banyak pertemuan, dengan motor jauh lebih sedikit. Pengarahan dan pertemuan adalah kerja keras," sebutnya.

Baca juga : Menanti Duet Rider VR46 Racing Team yang Didukung Pertamina Enduro

Rossi kini memasuki musim ketiganya membalap di atas roda empat. Ia telah bergabung dengan team WRT, tim yang berbasis di Belgia, yang memberinya kesempatan untuk membalap di GT World Challenge Europe selama dua tahun terakhir.

"Saya juga suka reli, tetapi saya mengerti selama bertahun-tahun bahwa tempat yang tepat adalah dengan GT3. Karena mereka adalah mobil yang bagus, cepat. waktu putaran mereka mirip dengan MotoGP, Anda menikmati mengendarainya.

Rossi telah memenangkan balapan di atas roda empat di lintasan yang memiliki kenangan khusus baginya. Ia pun mengaku bahwa targetnya kali ini di atas roda empat, ialah dapat mengikuti 24 Hour of Le Mans.

"Le Mans adalah target pertama sejak awal. Saya berada di sana tahun lalu dan saya terkesan dengan suasananya, orang-orangnya. Saya tidak sabar untuk balapan di sana," pungkasnya. (Crash/Ndf/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat