visitaaponce.com

Resmi, Honda Rekrut Marini sebagai Pengganti Marquez

Resmi, Honda Rekrut Marini sebagai Pengganti Marquez
Pembalap Luca Marini(JAVIER SORIANO / AFP))

TIM pabrikan Honda secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah mengontrak saudara kandung Valentino Rossi, Luca Marini, dari VR46 untuk menggantikan posisi Marc Marquez pada musim balap MotoGP 2024.

Awalnya, Honda dikabarkan mempertimbangkan Miguel Oliveira sebagai favorit untuk menggantikan Marquez. Akan tetapi hal ini tidak terjadi ketika Honda bersikeras hanya menawarkan kontrak satu tahun untuk menjaga agar pilihannya tetap terbuka untuk 2025.

Selain itu, Fabio di Giannantonio kemudian masuk dalam bursa kandidat potensial berikutnya, setelah kehilangan posisi di Gresini Ducati karena Marquez.

Baca juga : Marini Tegaskan Tekad Naik Podium di Musim 2024

Di GP Malaysia, bos tim Honda, Alberto Puig mengonfirmasi bahwa tim sedang mempertimbangkan tiga opsi: Di Giannantonio, Marini dan Pol Espargaro.

Espargaro, yang membalap untuk Honda pada 2021 dan 2022. Akan tetapi, ia dengan cepat memilih untuk tetap bersama KTM sebagai pebalap penguji tahun depan, sementara Marini muncul sebagai favorit.

Yang menarik, terlepas dari pendekatan awalnya, Honda telah menawarkan Marini kontrak dua tahun untuk bergabung dengan tim pabrikannya pada 2024.

Baca juga : Marini Targetkan Podium Perdana dengan Honda di Musim 2024

Marini memulai debut MotoGP-nya pada tahun 2021 bersama tim Avintia yang didukung VR46, sebelum VR46 melangkah ke kelas utama pada tahun 2022 bersama Marini dan Marco Bezzecchi.

Mencetak dua podium grand prix pada tahun 2023, Marini telah menandatangani kontrak untuk tetap bersama VR46 untuk musim berikutnya pada tahun 2024 sebelum opsi Honda muncul.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Luca Marini untuk musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 dan 2025," demikian bunyi pernyataan Honda.

Baca juga : Marco Bezzecchi Ungkap Alasan Tetap di VR46

"Pembalap berusia 26 tahun itu bergabung dengan kelas utama pada 2021 setelah meraih enam kemenangan dan 15 podium di Kejuaraan Dunia Moto2, dan finis sebagai runner up pada 2020. Sejak bergabung dengan kelas utama, Marini telah meraih dua podium grand prix, dua posisi terdepan, dan empat podium sprint pada tahun 2023. Dia akan bergabung dengan Joan Mir di tim pabrikan dengan kontrak selama dua tahun," tambah keterangan.

Marini akan menjajal motor Honda untuk pertama kalinya pada hari Selasa di tes pascamusim Valencia. Kepindahan Marini ke tim pabrikan Honda memperbarui hubungan Valentino Rossi dengan pabrikan Jepang tersebut setelah 20 tahun sejak terakhir kali membalap untuk HRC.

Rossi memenangkan tiga dari tujuh gelar juara dunia bersama Honda antara tahun 2001 dan 2003, sebelum akhirnya hengkang untuk bergabung dengan Yamaha pada tahun 2004.

Sedangkan, Di Giannantonio diperkirakan akan menggantikan posisi Marini di skuad VR46 musim depan, setelah ia sempat menggoda Rossi pada akhir pekan di GP Valencia.

Selama akhir pekan di Qatar, direktur tim VR46, Uccio Salucci, mengatakan bahwa Di Giannantonio bukanlah pilihan untuk tahun 2024 - sebelum pembalap asal Italia itu memenangkan grand prix pertamanya di Losail. (Motorsport/Ndf).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat