visitaaponce.com

Carlos Sainz Kehilangan P4 di GP Miami Akibat Insiden dengan Oscar Piastri

Carlos Sainz Kehilangan P4 di GP Miami Akibat Insiden dengan Oscar Piastri
Pembalap Ferrari Carlos Sainz(AFP/Clive Mason/Getty Images)

PEMBALAP Ferrari Carlos Sainz kehilangan posisi finis keempat di seri keenam Formula 1 (F1) GP Miami 2024 di Miami International Autodrome, Florida, Senin (6/5) WIB setelah terlibat insiden dengan Oscar Piastri. Hal itu dilansir laman daring resmi Formula 1, Senin (6/5).

Sainz, yang berusaha menyalip Piastri saat memasuki tikungan 17 pada tahap akhir balapan, sedikit tidak bisa mengontrol bagian belakang mobil Ferrari-nya sehingga menyebabkan kontak dengan mobil pembalap McLaren tersebut.

Kontak ini membuat pembalap asal Australia itu mengalami kerusakan di sayap depan dan memaksanya melakukan pit stop yang membuatnya tertinggal.

Baca juga : Carlos Sainz Berharap Segera Dapat Tim Baru untuk Musim Formula 1 2025

Setelah sidang steward yang dihadiri pembalap dan perwakilan masing-masing tim, diputuskan bahwa Sainz bersalah atas insiden tersebut karena pembalap Spanyol itu dianggap terlambat melakukan pengereman.

Akibatnya, Sainz dihukum penalti lima detik sehingga ia yang sebelumnya finis di posisi keempat dengan jarak 11,407 detik dari Lando Norris pada posisi pertama, mundur satu tingkat di posisi kelima dengan jarak finis 16,407 detik.

Sergio Perez, yang sebelumnya finis pada posisi kelima, mengamankan posisi keempat dengan jarak waktu 14,650 dari Norris.

Baca juga : Charles Leclerc Tegaskan tidak Khawatirkan Masa Depan Carlos Sainz

Di posisi klasemen sementara, Sainz, yang sebelumnya berada di posisi keempat dengan 85 poin, juga tergeser ke posisi kelima dengan 83 poin, dengan posisi keempat menjadi milik sang pemenang GP Miami, Norris, dengan poin yang sama.

Sementara itu, Piastri, yang sempat menikmati awal balapan yang baik dengan berada di posisi kedua selama beberapa lap, mengakhiri balapan di posisi ke-13 setelah insidennya dengan Sainz.

Selain insiden Sainz dan Piastri, juga diberikan hukuman penalti 20 detik untuk pembalap Haas Ferrari Kevin Magnussen karena menyebabkan tabrakan dengan Logan Sargeant dan karena tidak mengganti ban saat memasuki pit selama periode Safety Car, serta kepada Lance Stroll yang menerima penalti waktu 10 detik karena meninggalkan trek. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat