visitaaponce.com

Peluang Nadal Jadi Juara di Prancis Terbuka Menipis

Peluang Nadal Jadi Juara di Prancis Terbuka Menipis
Rafael Nadal.(AFP/ANDREAS SOLARO)

RAFAEL Nadal akan mengakhiri 19 tahun kariernya di Prancis Terbuka dengan dibayangi semakin menipisnya peluang untuk menambah rekor 14 gelar miliknya.

Petenis Spanyol juara Grand Slam 22 kali itu memenangi gelar pertamanya di Roland Garros saat remaja pada 2005 dan akan merayakan ulang tahunnya yang ke-38 pada pekan kedua Prancis Terbuka.

Mantan petenis nomor satu dunia yang kini berada di peringkat 276 dunia, Nadal, hanya memainkan 15 pertandingan sejak Januari tahun lalu karena cedera pinggul dan kemudian cedera otot ditambah dengan riwayat cedera fisik yang memaksanya absen dalam 12 pertandingan.

Baca juga : Rafael Nadal: Novak Djokovic petenis Terbaik Sepanjang Masa

"Saya akan memainkan turnamen ini dengan berpikir bahwa saya bisa memberikan segalanya, 100 persen," kata Nadal setelah tersingkir pada babak kedua di Roma seperti dilansir dari Antara

"Dan jika 100 persen tidak cukup untuk memenangi pertandingan, saya akan menerimanya. Tapi saya tidak ingin melangkah ke lapangan karena mengetahui bahwa saya tidak punya peluang. Jika ada peluang 0,01 persen, saya ingin menjajakinya dan mencobanya."

Selain 14 gelar di Paris, Nadal juga memiliki rekor 112 kemenangan dan hanya tiga kekalahan, dua di antaranya terjadi saat melawan rival lamanya Novak Djokovic.

Baca juga : Novak Djokovic Jadi Raja Tenis

Pada sesi latihan pertama Nadal di Lapangan Philippe Chatrier di Roland Garros, Senin (20/5), diperkirakan 6.000 orang hadir untuk menonton, banyak yang meneriakkan namanya.

"Kami harus menikmati waktu yang tersisa di lapangan, mengevaluasinya, dan menyadari bahwa sangat kecil kemungkinan hal seperti itu akan terjadi lagi," kata pelatih Carlos Moya pada Madrid Terbuka baru-baru ini.

"Secara pribadi, saya tidak pernah berada di lapangan ketika dia masuk atau keluar, tapi saya melakukannya tahun ini karena saya suka melihat cinta yang dia dapatkan dari orang-orang ketika dia melangkah ke lapangan."

Baca juga : Prancis Terbuka: Pertarungan Seru di Hari Pertama, Marta Kostyuk vs Aryna Sabalenka Jadi Sorotan

"Dia salah satu bintang hebat dalam olahraga ini, dia akan segera pensiun, dan sungguh menakjubkan melihatnya."

Nadal bukan satu-satunya talenta papan atas yang akan berada di Prancis Terbuka menjelang turnamen dimulai pada Minggu (26/5).

Juara bertahan dan rekor pemenang gelar Grand Slam 24 kali Djokovic sedang mengalami paceklik gelar yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak 2018. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat