visitaaponce.com

Menjaga Kesehatan di Awal Tahun 2023

Menjaga Kesehatan di Awal Tahun 2023
Dr Rudi Putranto SpPD (K), FINASIM Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta(Dok Pribadi)

PEMERINTAH memutuskan untuk mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Presiden menegaskan, keputusan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan dan kajian yang panjang dan dengan memperhatikan situasi pandemi covid-19 di tanah air. Tentunya hal ini perlu diikuti dengan kewaspadaan karena di belahan bumi lain seperti Tiongkok, angka penderita meningkat drastis.

Di awal tahun 2023, Indonesia memasuki puncak musim hujan. Terdapat berbagai ancaman gangguan kesehatan yang muncul seiring dengan musim hujan. Diperlukan daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah terserang penyakit endemis seperti infeksi saluran cerna, leptospirosis, infeksi saluran pernafasan akut, malaria, demam berdarah dan penyakit endemis lain. 

Menjaga kebersihan lingkungan, hindari genangan air di sekitar tempat tinggal, memakai sepatu bots pada area tergenang air dan segera membersihkannya dengan air bersih, minum air cukup dan bersih, cuci tangan sebelum dan sesudah makan akan membantu dalam pencegahan penyakit di atas serta akan menjaga daya tahan tubuh.
Di sisi lain, masalah kesehatan akibat penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, strok, kanker, penyakit ginjal kronik, diabetes melitus, penyakit autoimun, gangguan psikis serta penyakit degeneratif  juga ikut meningkat. 

Agar kita tetap sehat dan produktif, berikut 10 tips kesehatan. Pertama, kurangi makanan olahan dan minuman bergula, terutama yang mengandung natrium dan gula tambahan. Makan lebih sedikit daging merah dan daging olahan, perbanyak makanan nabati, seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kedua, minumlah air sebagai pengganti minuman yang dimaniskan dengan gula. Ketiga, hindari alkohol atau ikonsumsi dalam jumlah sedang. 

Keempat, jika anda menggunakan tembakau atau rokok elektrik, bicarakan dengan dokter anda tentang cara berhenti. Jaga agar rumah dan mobil Anda bebas asap rokok untuk menghilangkan paparan orang lain. Kelima, dapatkan vaksinasi. Keenam, lakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up). Pemeriksaan tersebut agar penyakit terdeteksi lebih dini dan pengelolaannya akan lebih baik disbanding bila sudah parah. 

Ketujuh, lakukan pemeriksaan tekanan darah mandiri atau di tempat layanan kesehatan. Mengontrol tekanan darah tinggi akan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke serta gangguan ginjal.
Kedelapan, pelajari juga risiko terkena diabetes tipe 2. Anda dapat melakukannya dengan tes penapisan mandiri. Perubahan gaya hidup yang dilakukan dapat membantu mencegah atau menunda timbulnya diabetes tipe 2. 

Kesembilan, kelola stres dengan pola makan yang baik, setidaknya 7,5 jam tidur malam, olahraga harian rutin, dan aktivitas kesehatan seperti  terpapar sinar matahari saat pagi hari. Terakhir, jika menggunakan resep opioid atau obat psikotropika lain untuk tujuan medis, ikuti instruksi dokter, simpan dengan aman untuk mencegah pengalihan atau penyalahgunaan. 

Selalu minum antibiotik sesuai anjuran dokter. Bila mengkonsumsi obat dalam jangka panjang, tetap lakukan konsultasi. Indonesia kaya akan sumber daya hayati, pemanfaatannya berbasis bukti berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan.  
Semoga kita semua selalu sehat dan produktif. Salam sehat!

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat