visitaaponce.com

Ini Tips Agar Transmisi Mobil Matik Tetap Prima

Ini Tips Agar Transmisi Mobil Matik Tetap Prima
Transmisi matik(MTVN/Ekawan Raharja)

MOBIL dengan transmisi matik (automatic) memang lebih mudah dikendarai lantaran pengemudi tidak perlu sering memindahkan gigi seperti mengendarai mobil manual. Tapi bagaimana merawatnya biar kendaraan bisa tetap melaju dengan prima?

Praktisi sekaligus pemilik bengkel khusus transmisi matik, Samudra Automatic, Pirman, berbagi tips tentang bagaimana merawat transmisi matik mobil.

"Untuk pengguna transmisi matic harus mengetahui bagaimana cara merawat mobil kesayangannya," kata Pirman saat ditemui di bengkelnya di kawasan Jalan Paradise, Mustikasari, Mustika Jaya, Bekasi Timur, Jumat (7/1).

Baca juga: Honda Tiongkok Bangun Pabrik Khusus Mobil Listrik

Pirman melanjutkan cara berkendara juga merupakan salah satu cara merawat mobil matik, seperti selalu mengembalikan tuas dari posisi D ke N atau P pada saat berhenti dalam waktu lama seperti di lampumerah (persimpangan dengan lampu lalu lintas).

Kemudian selalu memosisikan tuas di posisi gigi 1 atau 2 pada saat kondisi macet atau stop and go di jalan menanjak atau menurun seperti di kawasan Puncak, Bogor.    

Selain cara berkendara, pengguna atau pemilik kendaraan matik juga perlu secara rutin melakukan penggantian oli. Pirman menyarankan pergantian oli setelah menempuh perjalanan 20.000 km agar kondisi transmisi tetap bersih.

Lalu, bagaimana tanda-tandanya jika transmisi matik mobil Anda ada masalah? "Ini yang kadang banyak disepelekan, tanda-tandanya biasanya mulai delay (ada delay akselerasi sebelum perpidahan gigi). Kalau sudah terasa ada delay baiknya diperbaiki," kata Pirman mengingatkan.

Karena, menurutnya, lebih baik segera dilakukan pengecekan ke bengkel dan diperbaiki ketika sudah terasa ada delay ketimbang menunggu hingga kerusakan menjadi lebih parah. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat