visitaaponce.com

Wuling Air ev Cocok Jadi Mobil Harian, Simak Fitur Pendukungnya

Wuling Air ev Cocok Jadi Mobil Harian, Simak Fitur Pendukungnya
Mobil listrik Wuling Air ev(MI/Nurtjahjadi)

DARI sekian banyak mobil listrik yang sudah dipasarkan di Indonesia, Wuling Air ev menjadi pilihan mobil listrik paling ideal untuk penggunaan harian. 

Alasan utama karena pertimbangan harga. Bagaimanapun juga, Air ev masih menjadi mobil listrik dengan harga paling masuk akal di market otomotif tanah air saat ini. 

Wuling Air ev dijual dengan harga Rp243 juta untuk varian Standard Range. Sedangkan untuk model Longe Range dibanderol dengan harga Rp299,5 juta. Harga tersebut tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil listrik brand lain yang dipasarkan mulai dari harga Rp600 jutaan ke atas.

Baca juga : Perkuat Pengembangan Ekosistem EV, Wuling Gandeng Tiga BUMN

Tak hanya itu, mobil listrik mungil ini juga dipastikan masuk dalam kategori mobil listrik yang mendapatkan insentif pemerintah. Melihat dari website wuling juga tertera makin hemat PPN 1%, tentunya ini semakin mempermudah konsumen untuk memiliki Wuling Air ev karena harganya semakin terjangkau. 

Tak cukup itu saja, alasan kedua yang membuat Wuling Air ev sebagai mobil listrik paling cocok untuk harian adalah biaya perawatan yang juga murah meriah. 

Untuk servis berkala setiap 10 ribu kilometer, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp240 ribu hingga Rp559 ribu. Sehingga diperkirakan untuk biaya servis berkala yang dikeluarkan untuk 5 tahun atau 100 ribu kilometer adalah sebesar Rp3,9 jutaan. 

Baca juga : Begini Perjalanan Wuling Jadi Salah Satu Produsen Mobil Listrik Terlaris

Selain itu, memiliki Wuling Air ev juga tidak akan membuat repot karena perawatan mobil listrik tidak serumit perawatan mobil konvensional. 

Tak kalah penting, Wuling memberikan garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120 ribu kilometer, serta garansi reducer, power distribution unit dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100 ribu kilometer. 

Selain itu, garansi umum kendaraan juga tetap berlaku sampai dengan 3 tahun atau 100 ribu kilometer.

Baca juga : Wuling Air ev Menjadi Official Car Partner KTT AIS Forum 2023 

Kesimpulannya, Wuling Air ev layak dijadikan mobil listrik harian karena memang kendaraan ini dirancang dengan Easy to Use, baik untuk penggunaan sehari-hari, perawatan, hingga sistem pengecasan baterai yang mudah diakses. Mobil ini bisa dicas dengan mudah di rumah cukup dengan daya 2.200 Watt. 

"Kendaraan listrik buatan Indonesia ini mengusung kemudahan dari sisi berkendara, penggunaan sehari-hari dan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah," ucap Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

"Air ev hadir menjadi sebagai jawaban tantangan kendaraan ramah lingkungan yang semakin dibutuhkan saat ini yang mampu mengakomodasi kebutuhan berkendara sehari-hari konsumen Indonesia," lanjut Danang.

Baca juga :  Wuling Air ev Ambil Bagian di KTT ASEAN ke-43

Terlepas dari aspek ekonomis yang ditawarkan oleh Wuling Air ev, nyatanya mobil listrik mungil tersebut tetap memberikan rasa percaya diri serta kebanggaan terhadap pemiliknya. 

Bagaimana tidak, mobil berkonfigurasi 4-seater hadir dengan desain futuristik serta beragam teknologi canggih yang memanjakan pengemudi dan penumpang. 

Konsep modern sangat kental terasa di dalam kabin, khususnya konsol tengah. Pada bagian ini, Rotary Gear Selector hadir sebagai pengoperasi transmisi. Konsol tengah kendaraan ini juga dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding.

Baca juga : Wuling Gelar Green Drive Festival Sebagai Wujud Apresiasi Menuju 10.000 Air ev di Indonesia

Pengemudi dan penumpang juga dimanjakan oleh Intelligent Tech Dashboard, serta Integrated Floating Wide Screen berukuran besar. Bagian ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci. 

Sistem hiburan head unit sudah dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan yang membuat perjalanan kian menyenangkan. 

Tak ketinggalan, fitur voice command berbahasa Indonesia yakni Wuling Indonesia Command (WIND) juga sudah disematkan di Air ev. Lewat fitur WIND, pengemudi ataupun penumpang bisa melakukan beragam pengoperasian dengan perintah berbahasa Indonesia. 

Baca juga : Wuling Pastikan Ikuti Ajang OLX Autos IMX 2023

Cukup dengan kata kunci 'Halo Wuling', pengemudi atau penumpang bisa membuka tutup jendela, mengakses hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon dan masih banyak yang lainnya. 

Soal fitur keselamatan, terdapat dua airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama. Sistem pengeremannya, didukung dengan rem cakram di bagian roda depan dan belakang. Fitur keselamatan lainnya seperti ABS, EBD, TPMS, sound module for pedestrian warning, ISOFIX, electronic stability control (ESC) dan electric parking brake, serta Immobilizer and anti-theft alarm.

Air ev diperkuat dengan baterai Lithium Ferro-Phospate kapasitas 17,3 kWH untuk varian standard range dengan jarak tempuh lebih dari 200 km (kondisi penuh). Sedangkan versi Long Range menggunakan baterai kapasitas 26,7 kWH dengan jarak tempuh lebih dari 300 km (kondisi penuh). (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat