visitaaponce.com

Merek dan Tipe Mobil bagi Keluarga Muda serta Harga Bekasnya

Merek dan Tipe Mobil bagi Keluarga Muda serta Harga Bekasnya
Calon pembeli melihat kondisi mobil bekas di ruang pamer penjualan mobil bekas, Gedung Parkir Blok M Square, Jakarta, Jumat (14/4/2023).(Antara/Galih Pradipta.)

KENDARAAN bermotor menjadi salah satu kebutuhan penting bagi keluarga muda untuk mobilitas sehari-hari. Namun, saat memilih mobil, banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti kapasitas penumpang, kenyamanan, irit bahan bakar, dan harga. 

Berikut beberapa tipe dan merek mobil yang cocok dimiliki oleh keluarga muda. Tidak ketinggalan informasi kisaran harga mobil bekasnya.

Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia

Mobil tipe MPV ini cocok untuk keluarga muda yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang cukup besar. Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia memiliki kapasitas tujuh penumpang, sehingga sangat cocok untuk keluarga muda yang ingin berpergian bersama. Harga mobil bekas Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia berkisar antara Rp100 jutaan hingga Rp200 jutaan rupiah untuk tahun produksi sekitar 2005-2015.

Honda Jazz

Honda Jazz merupakan mobil tipe hatchback untuk keluarga muda yang mencari kendaraan yang irit bahan bakar dan mudah dikendarai dalam kota. Mobil ini memiliki desain yang compact sehingga mudah diparkir.

Baca juga: Tips Menyusun Barang di Mobil Saat Mudik dari Suzuki 

Honda Jazz juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti airbag dan rem ABS. Harga mobil bekas Honda Jazz berkisar antara Rp150 jutaan hingga Rp250 jutaan rupiah untuk tahun produksi sekitar 2005-2015.

Honda HR-V

Honda HR-V ialah favorit pengendara muda tetapi cocok juga dipakai hingga berkeluarga karena dimensinya ideal, mesinnya tangguh, irit bahan bakar, dan desainnya menarik. Honda HR-V yang masuk ke Indonesia sejak September 2014 merupakan generasi kedua sampai 2022. 

Baca juga: All New Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Sirkuit Nurburgring

Generasi pertamanya hanya masuk sedikit unitnya melalui importir umum. Harga bekas Honda HR-V tahun produksi 2014-2022 berkisar antara Rp180 jutaan-Rp300 juta. 

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga juga merupakan mobil tipe MPV yang cocok untuk keluarga muda. Mobil ini memiliki kapasitas tujuh penumpang dan irit bahan bakar. 

Suzuki Ertiga juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti airbag dan rem ABS. Harga mobil bekas Suzuki Ertiga berkisar antara Rp120 jutaan hingga Rp200 jutaan untuk tahun produksi sekitar 2012-2016.

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport cocok untuk keluarga muda yang suka berpetualang atau memiliki aktivitas di luar ruangan. Mobil ini memiliki desain yang tangguh dan dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sistem navigasi, kamera parkir belakang, dan lain-lain. Harga mobil bekas Mitsubishi Pajero Sport berkisar antara Rp200 jutaan hingga Rp400 jutaan untuk tahun produksi sekitar 2010-2015.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membeli mobil bekas dan memilih mobil yang dalam kondisi baik. Perhatikan juga faktor-faktor seperti tahun produksi, jarak pemakaian/kilometer mobil, riwayat perawatan, kepatuhan pajaknya, dan kelengkapan surat-surat mobil tersebut. 

Beberapa calon pembeli mungkin merasa tidak yakin untuk memeriksa mobil bekas incarannya. Karena itu, sebaiknya ia melakukan pengecekan secara langsung ke dealer mobil bekas atau melalui situs jual beli mobil bekas seperti Mobbi dari grup Astra atau mengajak montir untuk berburu mobil bekas idaman. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat