visitaaponce.com

Tesla Targetkan Kapasitas Kemudi Mobil Otonom Penuh Tahun Ini

Tesla Targetkan Kapasitas Kemudi Mobil Otonom Penuh Tahun Ini
Kendaraan otonom Tesla menjalani uji coba dalam merespons objek di depannya.(AFP/PATRICK T FALLON )

CEO Tesla Elon Musk membeberkan rencana Tesla untuk mencapai kemudi otonom penuh dengan kapabilitas pengemudian otonomos L4 atau L5 pada tahun ini.

Hal itu disampaikannya saat pembukaan Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia (WAIC) di Shanghai, Tiongkok, pada 6 Juli 2023.

Menurutnya, mobil Tesla yang diuji di Amerika Serikat jarang memerlukan campur tangan manusia, seraya menyampaikan Tesla bersedia melisensikan teknologi kemudi otonomnya kepada produsen mobil lain.

Baca juga : Tesla Tarik 3.470 Mobil Listrik karena Baut Kendor

L4 dan L5 merupakan tingkatan mobil otonom. Level 4 atau L4 berarti mobil tersebut sudah full otonom. Pada level ini, kemudi mobil sudah diambil alih sepenuhnya oleh teknologi otonom.

Bahkan mobil pada level ini sudah mulai meninggalkan komponen serti setir, pedal gas dan pedal rem. Teknologi otonom pada level ini juga sudah bisa membaca lingkungan untuk memberikan mode berkendara lebih aman dan nyaman.

Baca juga : Calon Pembeli Tesla di Tiongkok Harus Bersabar

Sementara level 5 atau L5 berarti, mobil sudah otonom penuh di berbagai medan. Ini merupakan level puncak mobil otonom yang membuat kegiatan mengemudi tak lagi diperlukan.

Pada level ini, teknologi otonom juga bisa melakukan kegiatan mengemudi di berbagai medan jalan. Bahkan tak mungkin mobil bisa lakukan off-road secara otomatis.

 

Regulasi AI

Selain kabar Tesla terbaru, dalam Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia di Shanghai, Musk juga menyuarakan desakan adanya regulasi industri AI di seluruh dunia karena muncul kekhawatiran terhadap dan risiko dari sisi gelap perkembangannya yang cepat.

Dalam kesempatan itu, ia memuji perkembangan industri kecerdasan buatan (AI) Tiongkok yang potensial.

"Tiongkok akan memiliki kecakapan AI yang kuat di masa depan karena ada banyak talenta cerdas di negara itu," kata Musk, melalui tautan video. (Xinhua/Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat