visitaaponce.com

Revolusi Mobil Otonom akan Datang tapi Perlahan

Revolusi Mobil Otonom akan Datang tapi Perlahan
Pengunjung memeriksa mobil Tesla model 3 yang dipamerkan di International Motor Show (IAA) di Munich, Jerman selatan, pada 4 September 2023.(AFP/Tobias Schwarz.)

DI Munich, Jerman, tempat pameran otomotif IAA minggu ini berlangsung, survei interaktif di jalan menghasilkan jawaban, "Ya," yang luar biasa ketika menanyakan kepada orang yang lewat terkait mereka mau naik taksi tanpa pengemudi dari stasiun ke festival bir Oktoberfest.

Meskipun jumlah bola berwarna yang ditempatkan di kolom ya menunjukkan antusiasme yang tinggi, para ahli mengatakan masa depan mobil otonom yang lama dijanjikan masih jauh dari kenyataan.

"Lima tahun lalu, kami berpikir bahwa pada 2025 kami akan memiliki otonomi yang signifikan di banyak kendaraan. Namun kenyataannya tidak demikian," kata Christophe Aufrere, kepala teknis pembuat suku cadang mobil Forvia.

Baca juga: Wuling Air ev Ambil Bagian di KTT ASEAN ke-43

Gangguan yang terjadi pada industri mobil akibat pandemi, peralihan ke arah investasi di bidang elektrifikasi, dan kompleksitas teknologi berkontribusi pada upaya menjaga revolusi kendaraan otonom tetap berada di jalur lambat. Sekarang, "Kami lebih cenderung mengatakan hal itu akan terjadi pada 2030," kata Aufrere kepada AFP.

Sebelumnya, produsen mobil mewah Jerman Mercedes-Benz menerima persetujuan internasional untuk sistem penggerak otonom tingkat tiga sesuai dengan standar PBB. Tingkat tiga ini memungkinkan pengemudian otonom dalam kondisi tertentu seperti lalu lintas padat atau kecepatan jalan raya hingga 60 kilometer per jam (37 mph). Pengemudi dapat mengalihkan pandangan dari jalan tetapi harus siap melakukan intervensi jika diperlukan.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota kembali Dipercaya Jadi Mobil Resmi KTT ASEAN ke-43

Sistem ini tersedia sebagai opsi pada andalan Mercedes S-Class yang memiliki banderol harga enam digit. Honda memenangkan persetujuan pertama di dunia untuk menjual mobil otonom tingkat tiga di Jepang pada 2021.

Namun sebagian besar mobil yang tersedia secara komersial saat ini dilengkapi dengan otomatisasi parsial tingkat dua. Itu termasuk autopilot Tesla yang terkenal dan menawarkan fitur-fitur seperti kontrol jelajah adaptif atau parkir otomatis sementara pengemudi tetap waspada setiap saat.

Langkah demi langkah

Robotaksi tanpa pengemudi yang muncul dalam survei di Munich tetap menjadi mimpi masa depan di sebagian besar kota. Eropa tertinggal dibandingkan Amerika Serikat dan Tiongkok dalam menguji coba layanan tersebut di dunia nyata.

Kendaraan tingkat empat otonom, seperti kabin robot dari Waymo atau Cruise yang digunakan di San Francisco, dapat beroperasi tanpa campur tangan manusia di area yang ditentukan. 

Penyebaran yang tidak merata di Eropa bukan disebabkan oleh peraturan atau tantangan teknologi, melainkan masalah pendanaan yang sulit didapat di benua tersebut, menurut Christophe Perillat, CEO pemasok otomotif Perancis, Valeo. Namun demikian, "Kendaraan otonom mengalami kemajuan dari tahun ke tahun," kata Perillat di IAA.

Profesor Lutz Eckstein dari RWTH Aachen University sependapat dengan hal tersebut dan mengatakan bahwa kemajuan signifikan akan segera terjadi. Sistem yang disebut level 2+ yang juga memantau perhatian dan kelelahan pengemudi diperkirakan semakin meluas, katanya, dan memperkirakan bahwa jumlah sistem level tiga di pasaran juga akan meningkat.

"Pada akhir dekade ini, kami ingin mencapai kemampuan berkendara di jalan raya dengan kecepatan 130 kilometer per jam," kata juru bicara Mercedes kepada AFP. Perusahaan bertujuan untuk menawarkan pengemudian otomatis tingkat empat dengan tenggat waktu yang sama.

"Idenya ialah melanjutkan langkah demi langkah," tegas CTO Forvia Aufrere. "Ini karena kami ingin memastikan itu berhasil." (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat