visitaaponce.com

Citroen Fokus Bangun Citra Merek dan Jaringan Diler

Citroen: Fokus Bangun Citra Merek dan Jaringan Diler 
(CITROEN)

BAGI masyarakat Indonesia, khususnya generasi yang lahir setelah 1990, jenama otomotif Citroen mungkin terdengar asing di telinga. Terlebih bagi yang awam seputar dunia otomotif. Padahal brand pabrikan mobil asal Prancis ini pernah populer di Indonesia di era 70-90 an.

Sejak 2022 lalu Citroen kembali memulai bisnis di Indonesia dengan merangkul grup Indomobil, PT Indomobil Wahana Trada (IWT). Kehadirannya ditandai dengan tiga model yakni C3, C5 Aircross, dan mobil listrik (EV) e-C4.

Stellantis sebagai perusahaan induk Citroen di Prancis bersama IWT menyadari pentingnya membangun citra merek legendaris mereka itu untuk kembali memperkenalkan produk-produk berkualitas khas Prancis tersebut.

Baca juga: Menyusuri Lembaran Sejarah Panjang di Citroen Conservatoire Prancis

Oleh karena itu Stellantis sengaja mengundang sejumlah jurnalis dan influencer otomotif Indonesia untuk mengunjungi markas mereka di Prancis dalam acara Citroen Media Paris Trip yang digelar pada 17-20 Juli 2023 lalu.  

Harapannya brand Citroen bisa kembali dikenal dan dapat merebut hati para pecinta otomotif di Indonesia, melalui rangkaian produk yang akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar di Tanah Air. Kehadiran Citroen juga diharapkan mampu memberikan banyak pilihan melalui rangkaian model yang telah disiapkan untuk segera diluncurkan.

Di sela-sela acara Citroen Media Paris Trip yang digelar pada 17-20 Juli 2023 lalu, Advisory Board Indomobil Group Tan Kim Piauw mengungkapkan bahwa untuk menegaskan komitmen Citroen dalam menggarap pasar Indonesia, perusahaan terlebih dulu menyiapkan jaringan layanan after sales Citroen di seluruh Indonesia secara bertahap.

Baca juga: Mengemudikan Citroen Oli Satu-Satunya di Dunia Langsung di Markas Stellantis

Selain untuk meningkatkan kepercayaan terhadap merek, pengembangan jaringan ini bertujuan untuk mempermudah konsumen dan para calon konsumen dalam mengakses produk-produk Citroen serta layanan purna jualnya.   

Menurut Tan Kim Piauw, saat ini PT Indomobil Wahana Trada (IWT) sedang menyiapkan sejumlah jaringan diler terutama di kota-kota besar untuk mendukung layanan penjualan dan purna jual di Indonesia.

"Kami menargetkan (untuk tahap awal) sebanyak 12 diler. Kemungkinan tahun ini 10 diler bisa dicapai di akhir 2023, sisanya di tahun berikutnya. ke depan jumlahnya tentu akan terus kami tambah," ungkap Tan di sela-sela kunjungan ke markas Automotive Design Network (ADN) Stellantis di Velizy Dome ADN, Velizy-Villacoublay, Prancis Selasa (18/7).

Diler-diler tersebut akan beroperasi di bawah jaringan milik Grup Indomobil dan hasil kerja sama dengan pihak ketiga sebagai mitra diler. Rencananya seluruh diler memiliki standar 3S (Sales, Service, dan Spareparts).

Baca juga: Berkeliling Kota Paris Mengendarai 'Karpet Ajaib' Citroen 2CV

"Kami (Grup Indomobil) sudah memiliki jaringan diler yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain memanfaatkan jaringan yang sudah ada, kami juga akan membangun jaringan baru, termasuk dengan pihak ketiga," imbuh Tan.

Ia juga mengakui, kunjungan langsungnya yang mewakili Grup Indomobil ini sekaligus untuk mempelajari konsep diler Citroen di Prancis sebagai referensi saat mengembangkan jaringan Citroen di Indonesia. Salah satunya dengan  mengunjungi diler Citroen di Evreux yang menjadi salah satu destinasi kunjungan di acara Citroen Media Paris Trip ini.

Citroën Evreux Automobile merupakan diler pertama menampilkan logo baru Citroën di dunia, sekaligus merepresentasikan standar desain global diler baru yang lebih simple. Logo yang sebelumnya berbentuk 'bumerang bertumpuk' dengan aksen chrome, kini berganti menjadi lingkaran memanjang berwarna hitam berhiaskan 'dua tanda panah ganda' serta tulisan dengna warna serupa.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Merek Otomotif Legendaris Citroen

Citroën Evreux Automobiles juga menjadi diler percontohan yang menjual line mobil Citroën untuk pasar Eropa seperti Citroën Amy, ë-C4, Citroën ë-4X, Citroën C5 Aircross PHEV, dan Citroën C5X. Selain penjualan, juga terdapat fasilitas bengkel untuk servis serta perbaikan bodi dan cat.

Selain melayani penjualan dan perawatan hingga perbaikan kendaraan, pengunjung Citroën Evreux Automobiles juga dapat membeli berbagai merchandise resmi Citroën, mulai dari mobil model (diecast) berbagai skala, t-shirt, dan aneka aksesoris lainnya. 

Masih dalam satu lokasi, terdapat diler DS yang merupakan merek satu grup dari Stellantis. Di sisi lainnya, tersedia divisi penjualan mobil-mobil bekas Spoticar yang masih menjadi bagian dari Stellantis.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat