visitaaponce.com

Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC 2024 Resmi Digelar di JCC updated

Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC 2024 Resmi Digelar di JCC (updated)
(SEVEN EVENT)

PAMERAN business to business (B2B) untuk industri kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) resmi digelar pada Kamis (7/3). Namun seremoni peresmian pameran yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan ini dilaksanakan pada Jumat (8/3) yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Taufiek Bawazier, Ketua Umum Gaikindo dan Ketua Penyelenggaran Pameran Gaikindo.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya menyampaikan bahwa dukungan dari para pelaku industri untuk menciptakan Indonesia sebagai negara green mobility itu sangat penting. “Green mobility menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi, sehingga sektor otomotif dapat mendukung target carbon neutral di tahun 2060,” ujar Agus. Menteri Perindustrian juga menambahkan bahwa hal tersebut menjadi pembuka kesempatan untuk mendukung kinerja ekspor industri otomotif Indonesia.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, kendaraan komersial sangat diperlukan untuk memutar roda perekonomian Indonesia, “GIICOMVEC juga menjadi sebuah bentuk komitmen Gaikindo untuk terus memberikan edukasi tentang inovasi terkini yang berfokus pada pengurangan emisi gas buang dan penggunaan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan bermotor komersial,” imbuhnya.

Beragam brand kendaraan komersial hadir dengan menampilkan lini produk andalan mereka. Pada area Hall A JCC menjadi lokasi berkumpulnya kendaraan jenis light commercial vehicle seperti Daihatsu, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota dan Wuling. Sedangkan pada area Hall B hadir Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, UD Trucks, dan United Tractors. Hadir juga perusahaan karoseri Adiputro, Delima Mandiri dan MTU.

Baca juga : Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC Siap Digelar 7-10 Maret di JCC

Sebagai pameran one stop business solution, pameran yang digelar hingga Minggu (10/3) ini memberikan kesempatan kepada para trade visitor menikmati berbagai penawaran menarik dari para sponsor yang berkumpul di area Hall A, seperti Astra Financial sebagai Official Financial Partner bersama dengan Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, Bank Jasa Jakarta serta Pertamina Lubricants.

Pameran kali ini juga didukung oleh beberapa asosiasi terkait industri kendaraan komersial Indonesia, seperti Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Organisasi Angkutan Darat (Organda), serta Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia / Indonesia Logistics & Forwarder Association (ALFI/ILFA).

GIICOMVEC juga menghadirkan berbagai program seminar dan talkshow untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada seluruh trade visitors yang hadir. Program khusus tersebut termasuk Daily Seminar yang akan membahas isu keselamatan transportasi. 

Baca juga : GIICOMVEC 2024 Siapkan Program Edukatif bagi Trade Visitors

Berbagai program seminar tersebut melibatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain Kemenhub, TruckMagz, Astra Financial, BG Products, Aptrindo, Organda, DCVI, Sawit Indonesia, TransTrack, dan HINO. Program seminar akan berlangsung pada tanggal 7-9 Maret 2024.

Salah satu seminar yang menarik diselenggarakan hasil kerja sama dengan Kemenhub yang akan membahas isu keselamatan dalam kendaraan komersial dengan judul 'Kendaraan yang Berkeselamatan' pada 7 Maret 2024 di Cendrawasih Hall. 

Ada juga seminar hasil kolaborasi dengan TruckMagz, mengangkat potensi dan regulasi kendaraan komersial terkait sertifikasi halal jasa logistik bertema 'Bersiap Hadapi Kewajiban Sertifikasi Halal Jasa Logistik Oktober 2024' pada 7 Maret 2024 di Mini Stage yang terletak pada Pre-Function Hall B. 
 
Seminar lainnya bersama BG Products yang akan membahas efisiensi, fleksibilitas, dan daya tahan serta perawatan armada bertema 'Fleet Maintenance Chemical Efficiency, Flexibility, and Longevity' pada 7 Maret 2024 di Classroom di area Pre Function Hall B.

Baca juga : Wuling Hadir Perdana di Ajang GIICOMVEC

Selain itu, terdapat juga program seminar yang diselenggarakan dengan Asosiasi, salah satunya Aptrindo dengan judul 'Menjaga Keselamatan Kendaraan dan Penerapan Digitalisasi pada Manajemen Transportasi Darat' pada 8 Maret 2024 di Cendrawasih Hall. 

Program seminar lainnya, yang melibatkan ORGANDA, DCVI, Sawit Indonesia, membahas isu-isu terkait fitur keselamatan transportasi dan tren sasis bus masa depan, akan berlangsung sepanjang GIICOMVEC di Mini Stage.

GIICOMVEC 2024 akan dikhususkan bagi para pelaku bisnis pada tanggal 7-9 Maret 2024 mulai pukul 10.00-18.00 WIB, dan terbuka untuk kunjungan publik di hari terakhir pada 10 Maret 2024 mulai pukul 10.00-16.00 WIB. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat