visitaaponce.com

Mercedes-Benz Luncurkan Truk dan Bus Euro 4 dan Euro 5

Mercedes-Benz Luncurkan Truk dan Bus Euro 4 dan Euro 5
(MI/NURTJAHYADI)

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) secara resmi memperkenalkan jajaran produk baru Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan Euro 5 di gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 di Jakarta Convention Center. 

Hadirnya Bus Mercedes-Benz Euro 4 dan Euro 5 ini melengkapi daftar unit kendaraan niaga Mercedes-Benz rendah emisi seperti Mercedes-Benz Truk Axor Euro 4 pada 2022 dan Mercedes-Benz Truk Actros/Arocs Euro 5 pada 2023. 

DCVI membawa empat dari delapan model baru Mercedes-Benz Bus pada GIICOMVEC 2024, antara lain:

Baca juga : Hino Resmikan Fasilitas Uji KIR di GIICOMVEC 2024

- Mercedes-Benz Bus O 500 RSD 2445 Euro 5 sudah dilengkapi mesin OM 460 LA dengan 6 silinder berkapasitas 12,8 liter dengan output 449 hp dengan Torsi 2.200 Nm. 

Dilengkapi dengan Alcoa Alloy Wheels, dan teknologi keselamatan komplet yaitu Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5, Lane Departure Warning System dan juga ESP (Electronic Stability Program). Unit ini sudah memenuhi persyaratan untuk diaplikasikan sebagai bus double-decker.

- Mercedes-Benz Bus OH 1626 L Euro 4 hadir dengan keunggulan di tanjakan (highest gradeability), dilengkapi mesin OM 906 LA 6 silinder berkapasitas 6,3 liter, dengan kapasitas BBM 200 liter tangki utama dan 200 liter tangki cadangan serta 60 liter tangki AdBlue. 

Baca juga : Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC Siap Digelar 7-10 Maret di JCC

Sasis OH 1612 L dilengkapi kapasitas bagasi yang besar berkat Space Frame Chassis, lebih aman dengan adanya ABS dan CTV Engine Brake, serta nyaman dengan fitur Cruise Control. 

- Mercedes-Benz Bus OF 1623 L Euro 4 mengusung mesin OM 906 LA 6 silinder 238 PS dan torsi 850 Nm pada 1.600 rpm. Sasis ini dilengkapi dengan 380 liter tangki BBM serta 60 liter tangki AdBlue, balon suspensi udara di depan dan belakang dan ABS serta CTV Engine Brake.

- Mercedes-Benz Bus OF 917 Euro 4 masuk dalam kategori Bus Besar dengan mesin 4 silinder 4D34i berkapasitas 3,9 liter. Sasis OF 917 ini juga dibekali 200 liter tangki BBM, 30 liter tangki AdBlue serta ABS, Full-Air Brake dan Auto Slack Adjuster untuk keamanan ketika bermanuver ataupun melakukan pengereman di jalanan licin.

Baca juga : GIICOMVEC 2024 Siapkan Program Edukatif bagi Trade Visitors

Selain 4 produk bus terbarunya, DCVI juga memamerkan model terbaru seri truk Mercedes-Benz Axor dan Actros dengan fitur baru:
 
- Mercedes-Benz Axor 2528 R M-Cab masuk dalam kategori medium truk logistik untuk daya angkut yang terjaga di berbagai medan plus tangki BBM 380 liter. Fitur lainnya berupa variable green band indicator untuk memantau efisiensi dalam mengemudi plus teknologi CTV Engine Brake serta ABS.

- Mercedes-Benz Actros 2636 LS masuk dalam segmen On-Road, dan hadir dengan fitur keamanan terlengkap seperti Active Brake Assist (ABA) 5, airbag pengemudi, suspensi udara di poros belakang (rear axle), serta Roll Control Assist untuk penyesuaian suspensi udara di berbagai kondisi angkutan dan jalanan dan ESP.

Telematics dan Fleet Management System Terbaru

Baca juga : PT Alun Indah Sabet Gelar Mercedes-Benz Commercial Vehicles Dealer of the Year 2023

Tidak lupa, DCVI juga memperkenalkan sistem New Fleetboard Indonesia, yang merupakan sistem monitoring kendaraan jarak jauh (telematics) dan sistem pengelolaan armada kendaraan (fleet management system) untuk kendaraan truk dan bus Mercedes-Benz. Sistem manajemen armada pintar ini dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat yang terkoneksi internet lainnya. 

Hanya dengan mengakses alamat https://fleetboardindonesia.co.id ataupun aplikasi Fleetboard Indonesia di gawai pintarnya, pengguna dapat mengakses data analitik dan Artificial Intelligent hasil pantauan yang akurat dan komprehensif dari armada milik pelanggan. 

Tampilan platform website dan juga aplikasi gawai pintar juga dikembangkan secara khusus untuk kemudahan pelanggan dalam memantau armada di tengah aktivitas dan mobilitas yang tinggi.

Baca juga : Penjualan Daimler Truck Global 2023 kembali Catatkan Kenaikan 

Melalui skema bundling yang ditawarkan oleh DCVI, pengguna otomatis bisa mengakses 26 fitur standar seperti Real-time vehicle tracking, driver behavior and safety, maintenance information, fuel consumption report, driver score report, speed notification, operation cost monitoring, dan lain-lain. 

Pengguna juga dapat menambah fitur lainnya secara optional melalui diler resmi Mercedes-Benz Truk dan Bus, seperti fitur Cargo temperature sensor, Seatbelt sensor, Fuel sensor, weight sensor, dan banyak lainnya. 

“Melalui telematics dan fleet management system ini, kami ingin memberikan jaminan lebih lanjut bagi semua pengguna produk Bus dan Truk Mercedes-Benz. Sistem ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa unit-unit kami selalu digunakan dengan cara yang terbaik dan teraman, serta selalu dalam efisiensi terbaik untuk mendukung kenyamanan pelanggan setia kami,” papar Kepala Produk dan Pemasaran DCVI Faustina. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat