visitaaponce.com

Pajero Siap Dirakit di Dalam Negeri Mulai April

Pajero Siap Dirakit di Dalam Negeri Mulai April
.(DOK MITSUBISH)

MITSUBISHI siap merakit mobil SUV andalan mereka, Pajero Sport, di pabrik baru mereka di Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat, yang saat ini sudah selesai pembangunan dan instalasi alat-alat produksi. Rencananya, mulai April mendatang Pajero akan dirakit secara lokal dan tidak lagi mengandalkan Pajero Completely Built Up (CBU).

Pajero akan diproduksi bersama small MPV XM Concept dan pikap L300. Menurut Head of MMC Sales and Marketing Group Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Imam Choeru Cahya, Pajero Sport yang dirakit di dalam negeri seluruhnya untuk memenuhi permintaan pasar domestik, sementara untuk basis produksi pasar global Pajero Sport tetap berlokasi di Thailand.

"Komponen lokal di Pajero Sport pada saat perakitan lokal nanti sekitar 35% dan akan terus berkembang sesuai apa yang bisa diimplementasikan dari ketersediaan suplier lokal," ujarnya di Semarang beberapa waktu lalu. Pabrik itu nantinya memiliki kapasitas produksi 160 ribu-240 ribu unit dengan komposisi 30 ribu unit Pajero Sport, 30 ribu unit L300, dan 80 ribu unit Small MPV.

Namun, ia belum menjelaskan perbedaan antara Pajero Sport CBU Thailand dan rakitan lokal, termasuk juga harganya. Imam hanya mengatakan tidak akan ada banyak perbedaan.

"Faktor penentuan harga itu banyak, tidak hanya ongkos produksi, tapi juga fitur yang disematkan, selain kurs nilai tukar rupiah dan lain-lain," jelas Imam. Terkait fitur, Imam menambahkan saat ini memang pihaknya belum bisa menjelaskan fitur-fitur apa saja yang akan terdapat di Mitsubishi Pajero Sport produksi lokal dan penambahan fitur murni berdasarkan permintaan konsumen.

"Kalau memang spesifikasi sekarang sudah memenuhi, pasti tidak akan kita kurangi. Namun, ada beberapa konsumen yang minta lebih tinggi, dan itu tidak menutup kemungkinan kita lakukan. Tapi yang jelas, tidak ada yang mau diturunkan (downgrade)," papar Imam lagi. Pajero Sport menyumbangkan penjualan yang sangat signifikan dari total 67.176 unit penjualan keseluruhan Mitsubishi. Pajero Spot 4x2 terjual sebanyak 17.164 unit dan Pajero Sport 4x4 sebanyak 1.160 unit.

General Manager Mitsubishi Motor Corporation Marketing Division PT KTB Osamu Iwaba mengatakan sepanjang 2016, penjualan Mitsubishi didominasi LCV (light comercial vehicle/kendaraan komersial ringan) sebanyak 21.839 unit dengan rincian Mitsubihsi L300 sebanyak 21.434, Mitsubishi Triton 6.757 unit, dan T120 14.648 unit. Irwan Kuncoro Operating General Manager MMC Sales & Marketing Division PT KTB mengakui jumlah penjualan itu turun jika dibandingkan dengan penjualan 2015 sebanyak 77 ribu unit.

Ia menjelaskan penurunan itu salah satunya disebabkan karena Mitsubishi tidak memiliki produk LCGC yang sedang laris di pasaran pada tahun lalu. "Yang naik adalah LCGC (low cost green car), sementara kami tak ada produk itu," kata Irwan Kuncoro seperti dikutip Antara. Ia menambahkan Mitsubishi modelnya tak banyak, kebanyakan di segmen yang turun. "Mirage di segmen yang turun, Outlander di segmen yang turun, dan Delica juga," tuturnya. Di sisi lain, Mitsubishi baru akan mengumumkan target penjualan 2017 setelah berakhirnya tahun fiskal 2016 pada Maret 2017.
: :
Body repair
PT KTB bekerja sama dengan PT Sun Star Motor, Bekasi, meresmikan fasilitas Authorized Body Repair & Paint Shop dengan nama Mitsubishi Bodi & Cat pada 30 Januari lalu. Mitsubishi Bodi & Cat itu merupakan fasilitas perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan berstandar Mitsubishi pertama di wilayah Jabodetabek yang dimiliki diler. Fasilitas resmi berstandar Mitsubishi ini sekaligus menjadi yang ke-3 di Indonesia setelah sebelumnya PT KTB meresmikan fasilitas serupa di Kota Bandung dan Lampung.

Fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat merupakan bentuk nyata peningkatan layanan diler 3S (sales, service, sparepart) kepada konsumen dengan penambahan fasilitas perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan. "Sejalan dengan tagline terbaru Mitsubishi untuk pasar Indonesia Brand new day, dengan salah satu elemennya brand new service, kami perkenalkan layanan terbaru Mitsubishi, yaitu fasilitas perbaikan bodi & cat kendaraan dengan kualitas dan mutu standar Mitsubishi. Kami menargetkan 10 diler dilengkapi dengan fasilitas ini pada akhir 2017 dan akan terus berkembang," ujar Presiden Direktur PT KTB Hisashi Ishimaki.

Fasilitas dari workshop perbaikan dan pengecatan bodi yang dimiliki PT Sun Star Motor Bekasi, antara lain mixing room, repair area, spray booth, warehouse part, surfacer room, dan washing bay. Selain itu, dilengkapi 11 stall yang mendukung proses rekondisi kendaraan dengan estimasi kapasitas layanan hingga 200 unit kendaraan setiap bulannya.
(S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dedy P

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat