visitaaponce.com

Densus 88 Kemenangan Taliban Berdampak pada Indonesia

Densus 88: Kemenangan Taliban Berdampak pada Indonesia
Dengan senjata lengkap, pasukan Taliban berjaga di sekitar wilayah Kabul, Afghanistan.(AFP)

DENSUS 88 Antiteror Polri menilai kemenangan kelompok militan Taliban di Afghanistan mempunyai dampak terhadap Indonesia. Sekalipun, tidak ada keterkaitan langsung antara Taliban dan jaringan teroris di Indonesia.

"Euforia kemenangan Taliban ini membawa dampak terhadap keberadaan kelompok teror di Indonesia. Paling tidak, dijadikan sebagai sarana propaganda mereka," ungkap Direktur Pencegahan Densus 88 Kombes M Rosidi dalam diskusi virtual, Selasa (5/10).

Baca juga: Jenderal Papan Atas Akui AS Kalah Perang di Afghanistan

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa kemenangan Taliban membuat narasi dari jaringan teroris dengan dalil agama semakin gencar. Tepatnya, setelah kelompok Taliban berhasil mengambil alih pemerintahan Afghanistan.

Narasi tersebut dikaitkan dengan perjuangan Taliban untuk memperoleh kemenangan dari Amerika Serikat (AS) selama bertahun-tahun. Salah satunya, terungkap dari hasil interogasi yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP) seorang pimpinan Jamaah Islamiyah (JI), yang tertangkap beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Efek Bom 35 Kg yang Ditemukan di Kaki Gunung Ciremai

"Dalam interogasi terhadap salah satu pimpinan JI, dia dalam ceramahnya menyampaikan kepada jamaah untuk terus itiqomah sebagaimana yang dilakukan Taliban," tutur Rosidi.

Kemenangan Taliban dikatakannya menjadi contoh gerakan untuk diikuti kelompok teroris lain. Upaya penangkapan sebagai pencegahan aksi teror, pun gencar dilakukan pihak kepolisian sepanjang tahun ini. Hingga Agustus 2021, sebanyak 335 orang ditangkap terkait dugaan terorisme.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat