visitaaponce.com

DPR Bakal Gelar RDP Bersama KPU dan Kemendagri Akhir Mei

DPR Bakal Gelar RDP Bersama KPU dan Kemendagri Akhir Mei
Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera.(Ist/DPR)

PENANTIAN Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait jadwal tetap rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya menemui titik terang.

Diketahui, rapat tersebut bakal menentukan durasi kampanye hingga fiksasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menjelaskan bahwa rapat pembahasan untuk Pemilu 2024 itu akan digelar pada Senin 30 Mei mendatang.

"Tanggal 30 Mei 2022 akan dibahas bersama Kemendagri," ungkap Mardani kepada Media Indonesia, Rabu (18/5).

Sebelumnya, anggota KPU RI Yulianto Sudrajat menyatakan KPU membutuhkan proses percepatan harmonisasi serta pengundangan peraturan KPU (PKPU). 

Baca juga: Anggaran Pemilu 2024 Disepakati Rp76 Triliun, Kampanye 75 Hari

KPU meminta percepatan harmonisasi dan perundangan PKPU rampung bulan ini. "Sehingga 14 Juni sudah disahkan dan sudah mulai tahapan," ucap dia.

Menurut dia, intensitas, skala sosialisasi, dan pendidikan pemilih juga menjadi kebutuhan penting. Yulianto menekankan pemilih dan peserta membutuhkan informasi pemilu yang detail.

Sementara itu, KPU masih mengkaji usulan penyusunan kodifikasi hukum acara pemilu. Usulan ini disampaikan DPR dalam rapat konsinyering beberapa waktu lalu.

"Nanti kita akan kaji bersama-sama terkait kodifikasi hukum tersebut," ucap dia. (Ykb/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat