visitaaponce.com

Pemekaran DOB Papua, KPU Anggaran Pemilu 2024 Bisa Naik

Pemekaran DOB Papua, KPU: Anggaran Pemilu 2024 Bisa Naik
Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan sangat memungkinkan anggaran Pemilu 2024 akan membengkak karena adanya pemekaran wilayah di Papua menjadi tiga daerah Daerah Otonom Baru (DOB).

“Sangat mungkin (ada kenaikan kebutuhan anggaran),” ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, Kamis (30/6).

Hasyim menyebut jika pemerintah menyetujui revisi UU Pemilu guna meresmikan tiga DOB di Papua sebagai daerah pemilihan (dapil), maka KPU harus melakukan penyesuaian baru untuk Pemilu 2024.

“Karena perencanaannya kan berasaldari situasi yang belum ada perubahan, kalau ada perubahan pasti ada penyesuaian-penyesuaian,” ujarnya.

Menurut Hasyim, penting bagi pemerintah untuk segera mengambil keputusan, terurama terkait aspek elektoral, penataan dapil, jumlah kursi beberapa daerah.

Baca juga: DPR Setujui Pembentukan Tiga Provinsi Baru di Papua

Idealnya, kata Hasyim, pemerintah segera memberikan kepastian hukum terkait pelaksanaan pemilu di tiga DOB Papua pada akhit tahun 2022.

“Karena Februari 2023 itu sudah ada kegiatan KPU menetapkan daerah pemilihan. Sehingga UU daerah pemilihan harus sudah siap,” terang Hasyim.

“Lalu Mei 2023 juga sudah ada tahap pencalonan DPR RI dan DPD. Oleh karena itu sebelum pencalonan diharapkan sudah selesai,” tandasnya.

Adapun total anggaran yang diperlukan KPU untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 berdasarkan situasi kekinian sebelum adanya DOB Papua mencapai Rp76,6 Triliun. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat