visitaaponce.com

HMI Sumedang Ingatkan Elit Politik Jangan Monopoli Praktik Demokrasi

HMI Sumedang Ingatkan Elit Politik Jangan Monopoli Praktik Demokrasi
Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sumedang, Yaser Fahrizal Damar Utama.(dok.pribadi)

KETUA Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sumedang, Yaser Fahrizal Damar Utama menyuarakan terkait perlunya penegasan suara rakyat di tengah menguatnya dominasi elite dalam praktik demokrasi Indonesia saat ini.

Hal itu disampaikan Yaser dalam diskusi kepemudaan yang dihadiri sejumlah OKP, mulai dari HMI se-Bandung Raya, KAMMI, Persis, PUI, OKP Cipayung hingga aktivis mahasiswa-pemuda se-Bandung Raya di Cafe Dulu, Bandung, melalui keterangan, Selasa (26/7/2022).

"Kita menyaksikan ada anomali dalam praktik demokrasi kita hari-hari ini. Betapa tidak, pengaruh elite justru jauh dominan dibanding suara rakyat itu sendiri," demikian ungkap Yaser.

"Padahal, demokrasi adalah sistem pemerintahan yang memosisikan rakyat sebagai pemegang daulat, bukan elite," sambungnya.

Yaser menilai, kuatnya cengkeraman elite ini sangat mudah teramati tidak hanya di level pusat, melainkan juga di aras lokal.

Ia melanjutkan, fenomena ini terjadi lantaran rakyat hari ini cenderung permisif dan apatis terhadap situasi politik dan juga perilaku kekuasaan yang menyisihkan daulat rakyat.

"Tidak usah jauh-jauh, tengok saja kenyataan hari ini, berapa banyak kebijakan publik mulai dari kebijakan harga kebutuhan pokok, BBM, hingga keputusan politik, yang diputuskan elite tanpa melibatkan suara (aspirasi) rakyat. Jumlahnya tak terhitung lagi," tukasnya.

Dirinya mengatakan jika pengebirian suara rakyat ini tidak segera disudahi, maka bukan tidak mungkin cita-cita kesejahteraan sosial hanya akan jadi slogan kosong.

"Untuk itu, kami menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat agar bangkit dari sikap permisifnya. Situasi ini tidak akan berubah kecuali diperjuangkan sendiri oleh masyarakat," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Prabowo Bakal Umumkan Sikap di Pilpres 2024 dalam Rapimnas Gerindra

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat