visitaaponce.com

Berkas Pendaftaran Partai Garuda Dinyatakan Lengkap

Berkas Pendaftaran Partai Garuda Dinyatakan Lengkap
Ketua KPU Hasyim Asy'ari pengurus Partai Garuda saat pendaftaran peserta Pemilu 2024.(Dok. MI)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menyebut dokumen pendaftaran Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dinyatakan lengkap.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Idham Holik seusai proses serah terima pendaftaran. Serta, pengecekan dokumen dari partai politik (parpol) yang dicocokan dengan data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Adapun Partai Garuda menjadi satu-satunya parpol yang mendaftar ke KPU pada Rabu (3/8) ini. “Seluruh dokumen Partai Garuda yang diserahkan ke kami melalui akun Sipol, dinyatakan lengkap," ujar Idham. 

"Sehingga dokumen pendaftaran akan dilanjutkan ke tahapan selanjutnya, besok akan dilakukan tahap administrasi,” imbuhnya.

Sebagaimana ketentuan dalam regulasi, KPU hanya menerima dokumen yang lengkap. Selain Garuda, Idham mengemukakan bahwa dokumen parpol seperti PDIP, PKS, PKP, Perindo, PBB, PKN dan NasDem, juga dinyatakan lengkap. 

Di lain sisi, partai yang mendaftar pada hari pertama, seperti Partai Reformasi, Pandai dan Prima, masih dalam proses. Bagi parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap, KPU akan menjadwalkan verifikasi administrasi pada satu hari setelah hasil keluar.

"Jika daftar dan dinyatakan lengkap, per 2 Agustus hingga 11 September, kami akan lakukan verifikasi administrasi,"  pungkasnya.

“Kemudian pada 14 September, kami akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi kepada parpol yang bersangkutan," tambah Idham.

Sebelumnya, KPU menyatakan ada 11 parpol yang mendaftar pada hari pertama hingga hari ketiga tahapan pendaftaran peserta Pemilu 2024.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat