visitaaponce.com

Upacara HUT TNI akan Diwarnai Parade Kendaraan Tempur dan Atraksi Pesawat

Upacara HUT TNI akan Diwarnai Parade Kendaraan Tempur dan Atraksi Pesawat
Prajurit Korps Marinir TNI AL saat melakukan yel-yel.(Antara)

PERINGATAN HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan digelar di lapangan Istana Merdeka, Jakarta, pada 5 Oktober mendatang.

Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono mengungkapkan bahwa perayaan tahun ini, selain upacara bendera, terdapat sejumlah kegiatan. Seperti, atraksi pesawat tempur F16, pameran alat umum sistem persenjataan (alutsista) dan parade (defile) kendaraan tempur (ranpur).

"Inspektur upacaranya direncanakan Bapak Presiden RI," ujar Margiyono di Istana Negara, Jumat (30/9).

Baca juga: Prabowo: Kita Perlu TNI dan Polri yang Kuat

Seusai upacara, Kepala Negara dikatakannya akan menyaksikan atraksi pesawat tempur F16 milik TNI Angkatan Udara (AU), yang melakukan flypass melintasi Istana. Lalu, ada aksi pesawat helikopter yang membawa bendera (giant flag), berikut akrobatik pasukan Jupiter TNI AU.

Presiden juga direncanakan akan menyapa para prajurit yang bertugas di pos lintas batas negara melalui video konferensi. Seperti, Entikong di Kalimantan Barat, lalu Sangihe di Sulawesi Utara, serta Papua Nugini.

"Setelah selesai melakukan video konferensi, Presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur terbaru yang kita miliki," imbuh Margiyono.

Baca juga: Kunjungan Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris di Bali

Terdapat 63 kendaraan tempur yang akan ditampilkan dalam parade HUT ke-77 TNI. Parade tersebut akan melintasi kawasan Bundaran HI Jakarta, sehingga masyarakat dapat ikut menyaksikan.

"Ini salah satu bentuk pertanggungjawaban kami kepada rakyat Indonesia. Alutsista ini semua dibeli juga dari rakyat Indonesia melalui pajak," pungkasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat