visitaaponce.com

Sambut HUT TNI, Kodim 0723 Klaten Bersihkan Monumen di Desa Kepurun

Sambut HUT TNI, Kodim 0723 Klaten Bersihkan Monumen di Desa Kepurun
Ilustrasi anggota TNI.(MI/USMAN ISKANDAR)

MENYAMBUT Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI, Kodim 0723 Klaten, Jawa Tengah, menggelar karya bakti membersihkan Monumen Markas Besar Komando Djawa (MBKD) di Desa Kepurun, Manisrenggo, Klaten, Senin (2/10).

Selain membersihkan Monumen MBKD, juga dilakukan pembersihan Masjid Al Ikhlas. Kegiatan dilaksanakan bersama masyarakat dan relawan.

"Kodim 0723 Klaten melaksanakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat dan relawan di desa ini adalah dalam rangka HUT ke-78 TNI," kata Kepala Staf Kodim 0723 Klaten Mayor Cba Joko Prasetyo 

Monumen MBKD di Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, didirikan pada 1948 sebagai penghormatan kepada para pahlawan kemerdekaan yang gigih melakukan pertempuran di Yogyakarta.

"Desa Kepurun, tempat didirikannya Monumen MBKD, dahulu menjadi markas besar para pahlawan dalam menyiapkan strategi dan kekuatan untuk menghadapi pertempuran di Yogyakarta," jelasnya.

Kepala Desa Kepurun Sukadi mengungkapkan Monumen MBKD yang didirikan di Desa Kepurun sebagai simbol kekuatan rakyat mengusir penjajah, khususnya pertempuran di Yogyakarta.

Untuk mengenang keberhasilan para pahlawan dalam pertempuran mengusir penjajah di Yogyakarta, setiap tahun diselenggarakan kegiatan napak tilas dengan jalan kaki Klaten-Kepurun sekitar 25 kilometer.

"Desa Kepurun pernah menjadi markas besar pejuang di era perang kemerdekaan 1948-1949. Kolonel AH Nasution mengkoordinir pasukan TNI saat menghadapi agresi militer Belanda di Yogyakarta," kata Sukadi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat