visitaaponce.com

Sekjen PDIP Ganjar Nyatakan Siap Nyapres Tak Langgar Aturan Partai

Sekjen PDIP : Ganjar Nyatakan Siap Nyapres Tak Langgar Aturan Partai
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.(MI/Rommy P)

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024. Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menilai pernyataan Ganjar tak melanggar aturan.

"Untuk bangsa dan negara itu semua menyatakan siap seluruh kader partai, karena itulah fungsi mengapa kita punya disiplin kepartaian," kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Hasto menjelaskan, pernyataan Ganjar masih dalam konteks 'Kalau'. Hasto menilai, jawaban Ganjar dalam pernyataannya cukup jelas dan tak ada yang dilanggar.  "Kalau saya lihat dari jawaban Pak Ganjar, kan jelas nih, 'kalau untuk bangsa dan negara, ya semua harus siap'," kata Hasto.

Hasto menegaskan, pernyataan Ganjar merujuk pada kader yang mesti turun ke masyarakat untuk mengejar prestasi. Hasto mengatakan, sosok capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

"Pak Ganjar kan bicara kalau ditugaskan. Ya kalau. Dalam konteks seperti ini kita kan berbicara bahwa skala prioritas saat ini semua kader partai turun ke bawah untuk mengejar prestasi yang setingg-tingginya di tengah rakyat," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ganjar akhirnya buka suara perihal sikapnya dalam Pilpres 2024. Di sejumlah survei, nama Ganjar mencuat sebagai capres dengan menempati peringkat tiga besar di atas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ganjar mengaku siap jika dirinya diusung sebagai Capres 2024. Hal itu disampaikannya dalam wawancara di salah satu stasiun TV swasta.

"Untuk bangsa dan negara ini apa sih yang kita tidak siap?" kata Ganjar dalam sesi wawancara tersebut, Selasa (18/10).

Adapun deklarasi dukungan terhadap Ganjar sudah meruak di sejumlah internal partai politik. Di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara eksplisit menjagokan Ganjar sebagai Capres 2024.

"Ya yang mendeklarasikan dukungan adalah partai-partai itu, saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya," imbuh Ganjar. (OL-13)

Baca Juga: NasDem Merespons Kesiapan Ganjar di Pilpres 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat