visitaaponce.com

Klaim Pleiades Neo dapat Lihat Pangkalan Militer, Airbus Beri Klarifikasi

Klaim Pleiades Neo dapat Lihat Pangkalan Militer, Airbus Beri Klarifikasi
Hugues Pavie (kiri) dari Airbus(MI/Mesakh)

PERUSAHAAN Airbus mengenalkan satelit Pleiades Neo pada ajang Indo Defence di JIExpo, Kemayoran. Satelit ini nantinya akan bersifat komersial dan penggunanya dapat mengakses gambar suatu area di Bumi dengan resolusi hingga 30 cm.

Dalam paparannya kepada awak media, Kepala Bagian Penjualan Airbus Hugues Pavie mengungkapkan satelit ini nantinya dapat digunakan untuk analisis pertahanan dan intelijen, yang membuat penggunanya dapat mengakses gambar mengenai pangkalan militer.

“Dengan satelit ini, kita bisa melakukan penganalisisan alutsista, observasi geospasial, pemetaan target militer, perencanaan misi, evaluasi kerusakan tempur, evaluasi bencana hingga penanganannya,” ungkap Hugues kepada wartawan di Jiexpo, Kemayoran, Kamis (03/11).

Hugues menambahkan akses mengenai pangkalan militer akan dibatasi. Bahkan, untuk beberapa negara yang diembargo, satelit tidak akan dapat mengakses mengenai gambar pangkalan militer negara tersebut.

“Kami menghormati aturan PBB dan Hukum Antariksa Prancis mengenai akses satelit. Bahkan, untuk beberapa negara yang diembargo, seperti, Korea Utara, dan Iran, kami tidak dapat melakukan akses kesana,” ujar Hugues.

Baca juga:  Airbus Perkenalkan Satelit Pleiades Neo di Indo Defence

Lebih lanjut, Hugues menyampaikan apabila pengguna mencoba untuk mengakses gambar sebuah pangkalan militer yang bersifat rahasia, Satelit Pleiades Neo sebelumnya harus meminta akses kepada pangkalan militer yang bersangkutan. 

“Untuk request (gambar) mengenai pangkalan militer, tetap bisa dilakukan analisa, namun di bawah kendali, ada kendali ekspor sebelum bisa diakses oleh customer,” tutur Hugues.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat