visitaaponce.com

Di tengah Ketegangan Israel-Iran, Pangkalan Militer di Irak Meledak, Seorang Tewas

Di tengah Ketegangan Israel-Iran, Pangkalan Militer di Irak Meledak, Seorang Tewas
Pasukan Mobilisasi Populer Irak, atau Brigade Hashed al-Shaabi,(Younis AL-BAYATI / AFP)

Satu orang tewas dan delapan lainnya luka-luka dalam ledakan yang terjadi Jumat (19/4) malam di pangkalan militer Irak yang menampung koalisi kelompok bersenjata pro-Iran, kata para pejabat pada Sabtu.

Ledakan tersebut menghantam pangkalan militer Kalsu di provinsi Babilonia di selatan Bagdad, tempat Pasukan Mobilisasi Populer Irak, atau Hashed al-Shaabi, bermarkas.

Hal ini terjadi beberapa hari setelah Iran melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel yang dilaporkan membalas dengan serangan pesawat tak berawak terhadap republik Islam tersebut.

Baca juga : AS Serang Balik Fasilitas Kelompok Iran di Suriah

Unit media pasukan keamanan Irak mengatakan ledakan dan kebakaran melanda pangkalan Kalsu pada Sabtu dini hari, menyebabkan satu orang tewas dan delapan luka-luka.

Komando pertahanan udara melaporkan “tidak ada drone atau pesawat tempur di wilayah udara provinsi Babel sebelum atau selama ledakan”, tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat kementerian dalam negeri awalnya melaporkan adanya "pengeboman udara" di lokasi tersebut.

Baca juga : Sumber Keamanan Ungkap 'Pemboman' Hantam Pangkalan Militer Irak

Dalam sebuah pernyataan, Hashed al-Shaabi mengatakan sebuah ledakan telah menimbulkan kerugian material dan korban jiwa, tanpa menyebutkan jumlahnya.

Kelompok tersebut mengonfirmasi bahwa lokasi mereka di pangkalan militer tersebut telah diserang dan para penyelidik telah dikirim ke lokasi tersebut. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab.

Menanggapi pertanyaan AFP, sumber keamanan tidak mengatakan siapa yang mungkin berada di balik serangan itu. “Ledakan itu mengenai peralatan, senjata, dan kendaraan,” kata sumber Kementerian Dalam Negeri Irak. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat