visitaaponce.com

Jadi Duta Komcad, Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Letkol

Jadi Duta Komcad, Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Letkol
Deddy Corbuzier(Dok.MI)

TENTARA Nasional Indonesia (TNI) memberikan pangkat letnan kolonel tituler Angkatan Darat (AD) kepada pesohor Deddy Corbuzier. Dengan pangkat tersebut, Deddy berhak menerima tunjangan sebesar 15% dari gaji pokok prajurit.

Juru bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak saat dikonfirmasi pada Sabtu (10/12) menjelaskan, pemberian pangkat kepada Deddy didasarkan pada Peraturan Panglima TNI Nomor 40/2018 tentang Kepangkatan Prajurit TNI dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39/2010 tentang Administrasi Prajurit TNI.

Pasal 29 Ayat (2) PP Nomor 39/2010 menjelaskan bahwa penerima pangkat tituler berhak mendapat perlakuan administrasi terbatas. Dalam penjelasan beleid tersebut, yang dimaksud administrasi terbatas adalah rawatan kedinasan berupa tunjangan tituler sebesar 15%.

"Dari gaji pokok prajurit yang berasal dari pegawai negeri sipil sesuai dengan pangkat yang dipangkunya (tidak termasuk tunjangan keluarga) dan tunjangan keluarga," demikian penjelasan pasal tersebut.

Dahnil mengatakan, pangkat letnan kolonel tituler diberikan kepada Deddy dengan pertimbangan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni komunikasi di sosial media. Kemampuan dan performa Deddy, lanjutnya, akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan kebangsaan dan sosialsisasi tugas dalam rangka menjaga pertahanan Tanah Air.

Baca juga: Komisi III DPR Disebut akan Panggil BNPT Minta Klarifikasi soal Bom Astanaanyar

Ia mengatakan bahwa pangkat tituler Deddy tersebut disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Menurut Dahnil, meski pangkat yang melekat bersifat sementara, Deddy akan terikat dengan aturan militer.

"Termasuk kehilangan hak pilih selama dia bertugas," tandasnya.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Kisdiyanto menegaskan, tugas yang diemban Deddy dengan pangkat tituler berbeda dengan prajurit TNI pada umumnya. Ia meyebut pemberian pangkat tersebut dialaskan pada peran Deddy yang akan dijadikan Duta Komponen Cadangan (Komcad).

"Karena Deddy Corbuzier akan dijadikan Duta Komponen Cadangan di lingkungan Kementerian Pertahanan. (Pangkatnya melekat) sampai tugas yang bersangkutan sebagai duta selesai," ujar Kisdiyanto. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat