visitaaponce.com

KPU Intervensi KPUD untuk Loloskan Semua Parpol, Kecuali U

KPU Intervensi KPUD untuk Loloskan Semua Parpol, Kecuali 'U'
Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity (NETGRIT) Hadar Nafis Gumay(MI/Susanto)

KOMISI Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) diduga memberikan perintah kepada jajaran KPU Daerah (KPUD) untuk meloloskan berkas pendaftaran seluruh partai politik (parpol) kecuali Partai 'U'. Tindakan tersebut dilakukan untuk membantu parpol-parpol yang ingin menjadi peserta pemilu 2024 mendatang.

"Dalam sabuah komunikasi, yakni kepala biro yang tadi saya sebutkan menyatakan demikian. Suapaya lancar, partai yang selama ini kita coba bantu kita teruskan kecuali partai U," ujar Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity (NETGRIT) Hadar Nafis Gumay dalam kegiatan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih yang berlangsung di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (11/1).

Baca juga: KPU Diduga Curang Demi Loloskan Parpol Peserta Pemilu 2024, Ini Faktanya

Hadar menilai kerja penyelenggara pemilu sangat bermasalah. Dalam kesempatan tersebut Hadar juga menyampaikan tangkapan layar percakapan Whatsapp antara Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dengan KPUD. Dalam tangkapan layar tersebut menjelaskan ada permintaan dan intruksi ketua KPU RI kepada KPUD.

"Menariknya dijawab oleh KPUD dengan menanyakan apakah ini tidak berbahaya bagi KPU sebagai lembaga. Jadi ada teman di provinsi yang sudah mengingatkan dan di jawab oleh ketua KPU 'siap dipahami' ," ujar Hadar. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat