visitaaponce.com

Wapres Pastikan Empat DOB Papua Siap Pemilu dan Ikut PON 2024

Wapres Pastikan Empat DOB Papua Siap Pemilu dan Ikut PON 2024
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (27/1/2023).(medcom/Kautsar Widya Prabowo)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memastikan empat daerah otonomi baru (DOB) di Papua siap menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilul) 2024. Pemerintah sudah membuat regulasi yang mendukung roda pemerintahan di empat DOB yang meliputi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.

"Segera ikut nanti di dalam pemilu, untuk mempersiapakan nanti DPD (Dewan Perwakilan Daerah)nya dan legislatifnya," ujar Ma'ruf di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (27/1/2023).

Karena itu, Ma'ruf memastikan persiapan untuk empat DOB ini terus dimatangkan. Ia menyebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mempersiapkan empat wilayah ini bisa mengikuti kontestasi lima tahunan ini baik pemilihan legislatif (pileg) maupun pilpres.

"KPU sudah mempersiapkan dan supaya mereka bisa ikut dalam pemilu, bisa ikut pilpres, bisa ikut mencalonkan untuk legislatif DPR ataupun DPD dan semua yg berkaitan dengan Pemilu," terangnya.

Ma'ruf menambahkan, bukan hanya Pemilu 2024, empat DOB ini juga akan disertakan dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut Aceh 2024. Hal ini dibahas dalam rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, sebagai partisasi empat DOB ini sebagai daerah otonomi.

"Untuk PON misalnya yang di Aceh dan Sumut, maka daerah otonomi baru ini juga diikutsertakan sebagai provinsi baru, walaupun misal belum ada atletnya atau hanya benderanya atau beberapa cabang olahraga, karena dia sudah menjadi daerah otonomi," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: Empat DOB di Papua Gunakan Kantor KPU Sementara

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat