visitaaponce.com

Nama Bakal Calon Wakil Presiden Anies Baswedan Mulai Mengerucut

Nama Bakal Calon Wakil Presiden Anies Baswedan Mulai Mengerucut
Anies Baswedan bersama dengan AHY memberikan keterangan kepada wartawan seusai pertemuan di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (2/2).(MI/Usman Iskandar.)

KRITERIA bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Anies Baswedan semakin mengerucut. Ketiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan pengusung Anies yakni NasDem, Demokrat, dan PKS sepakat tidak membebani Anies dalam memilih pendamping.

Namun Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengusulkan bacawapres Anies perlu memiliki basis yang kuat di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Kekuatan tersebut dibutuhkan untuk menyeimbangkan kekuatan mesin partainya yang akan memenangkan Anies di Jawa Barat. "Cawapres mesti kuat basis di Jateng dan Jatim," tutur Mardani saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (4/2). 

Berdasarkan kriteria tersebut, Maradani menyebut nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai sosok yang paling tepat untuk mendampaingi Anies sebaga bacawapres. Khofifah diyakini mampu mengalirkan suara yang signifikan untuk Anies dari wilayah Jateng maupun Jatim. "Saya dukung Bu Khofifah," ungkapnya.

Terpisah, Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani menjelaskan bahwa Demokrat melalui pernyataan ketua umumnya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah memberikan kepercayaan penuh kepada Anies untuk memilih sosok bacawapres. Dengan begitu, sosok bacawapres pendamping Anies bukanlah batu sandungan bagi Koalisi Perubahan. "Masalah bacawapres tak menjadi polemik lagi. Karena Mas Ketum AHY telah menyerahkan dan mempercayakan soal bacawapres kepada Mas Anies Baswedan," ungkapnya.

Senada, Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto menuturkan parpol anggota Koalisi Perubahan terutama Tim Kecil terus melakukan pembahasan tentang sosok pendamping Anies. Ketiga partai sepakat untuk terbuka terhadap pilihan sosok wapres. "Kurang lebih tujuh (nama) ya," ujar Sugeng.

Baca juga: Piagam Deklarasi Koalisi Perubahan Rampung, NasDem: Cari Hari Baik

Sugeng menjelaskan ketujuh nama bacawapres tersebut masih berporses di tingkat internal Koalisi Perubahan. Belum ada nama pasti pendamping Anies. Namun dirinya tidak menampik bahwa nama Khofifah masuk dari tujuh daftar nama calon bacawapres Anies. "Berarti wartawan jeli," jawabnya saat dikonfirmasi pascapertemuan PKS dan NasDem di NasDem Tower. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat