visitaaponce.com

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional
IKA Menwa Seroja Timor Timur mengadakan Musyawarah Nasional II dan SIlaturahmi Nasional VI di Semarang, Jawa Tengah, pada 3-5 Februari 2023.(Ist)

IKATAN Keluarga Besar Resimen Mahasiswa Seroja Timor Timur (IKA Menwa Seroja Timor Timur) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) II dan SIlaturahmi Nasional (Silatnas) VI di Aula Gedung BPSDMD Semarang, Jawa Tengah, pada 3 – 5 Februari 2023.

Munas II dan Silatnas juga digelar pemilihan Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar IKA Menwa Seroja Timor Timur.

Kegiatan Munas ini adalah kedua kali dilaksanakan setelah pembentukan organisasi IKA Menwa Seroja Timor Timur pada tahun 2017 di Lampung.

Baca juga : Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Distrik Yon 14

Sedangkan Silatnas  sendiri smerupakan kegiatan keenam kali setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 di Anjugan Timor Timur, Taman Mini Indonesia Indah, DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dibacakan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jateng Haerudin, menyampaikan rasa hormatnya kepada Menwa yangturut ikut serta dalam pengiriman anggotanya di wilayah konflik.

Menwa tergabung dalam pasukan Garuda di Timur Tengah maupun tergabung dalam Rotasi/Satgas Dharma Bhakti Menwa ke Timor Timur saat masih menjadi bagian dari Republik Indonesia.

Baca juga : Go Green Expo Iluni Menwa UI 2023 Usung 'Sustainable Lifestyle for a Better Future'

Acara Munas yang dibuka oleh Ketua Umum IKA Menwa Seroja Timor Timur Brigjen TNI (Purn) Drs Harsanto Adi.

Harsanto menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya kepada anggota Menwa IKA Menwa Seroja Timor Timur yang menyempatkan hadir dari seluruh Indonesia.

Sedangkan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IV Diponegoro dalam sambutannya yang dibacakan oleh Letkol. Inf. Syarifudin Yahya, Paban Komsos Sterdam IV/ Diponegoro bahwa Panglima Kodam Diponegoro menyampaikan pesan untuk turut membantu menciptakan iklim bangsa yang kondusif.

Baca juga : Alumni Pasantren Tebuireng Berkomitmen untuk Berkiprah di Kancah Nasional

Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja Timor Timur dan Perspektif Keveteranan dalam Negara."

 Pembicara dalam Sarasehan tersebut adalah Mayjen TNI Dr. Agus Winarna., S.I.P., M.Si., M.Tr (Han) Dansatgas XIV Dharma Bhakti Resimen Mahasiswa Timor Timur tahun 197 yang saat ini merupakan Dekan Fakultas Manajemen Universitas Pertahanan RI.

Pembicara kedua adalah Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)  Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri yang di wakili oleh Mayjen TNI (Purn) Nono Sukarno yang merupakan Kepala Departemen Pewaris JSN’45 DPP LVRI,

Baca juga : Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia Gelar Seminar Nasional

Pembicara ketiga adalah Kasubdit Komsos Direktorat Veteran Ditjen POTHAN Kementerian Pertahanan Kol. Arh Eko Juni Kamtono,.

Pembicara  terakhir adalah Dekan Fakultas Hukum Universitas Soedirman yang juga merupakan anggota IKA Menwa Seroja Timor Timur/ Satgas Dharma Bhakti Resimen Mahasiswa ke IX Prof. Dr. Ade Maman Suherman, SH., M.Sc.

Dalam sidang Formatur Munas IKA Menwa Seroja Timor Timur secara bulat memilih kembali Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi sebagai Ketua Umum IKA Menwa Seroja Timor Timur Periode 2023 sampai dengan 2028.

Dari hasil Munas ini didapat rekomendasi untuk mendukung Rancangan Undang – Undang keveteranan yang baru.

Dalam Munas juga di sepakati pelaksanaan SIlaturahmi Nasional VII IKA Menwa Seroja Timor Timur akan di laksanakan di Nusa Tenggara Barat. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat