visitaaponce.com

Partai Ummat Disebut Ingin Bergabung dalam Koalisi Perubahan

Partai Ummat Disebut Ingin Bergabung dalam Koalisi Perubahan 
Pendukung Anies Baswedan hadir dalam peluncuran Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru (KIB) di Hotel Atlet Century, Jakarta.(MI/Susanto.)

SEJUMLAH partai menyatakan ketertarikan mendukung Anies Baswedan. Salah satu partai yang menyatakan niat bergabung ke Koalisi Perubahan yaitu Partai Ummat.

"Yang sudah pasti menyatakan niatnya bergabung Partai Ummat kan," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali saat dihubungi, Selasa, 7 Januari 2023. Anggota Komisi III DPR itu menyampaikan ketertarikan partai lain mendukung Anies tak lepas dari sikap NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat. 

Ketiga partai menyatakan sikap mengusung Anies meski belum dideklarasikan Demokrat dan PKS. "Artinya, 99% koalisi ini sudah terbentuk, tinggal bagaimana memformalkan saja kan," ungkap dia.

Menurut dia, sikap ketiga partai itu menjadi magnet tersendiri bagi partai lain. Apalagi, Ali mengklaim potensi kemenangan Anies sangat besar pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pasti menariklah. Kalau ingin menang pasti bergabunglah," sebut dia.

Selain itu, Ali menyampaikan Koalisi Perubahan terbuka menerima partai lain bergabung. Bahkan, koalisi tersebut tak melihat status partai yang ingin bergabung dari parlemen atau bukan. 

Baca juga: Waketum NasDem Nilai Sebaiknya Deklarasi Koalisi Dahulu sebelum Sekper

Soalnya, kata Ali, bakal Koalisi Perubahan sudah memenuhi ambang batas pencalonan presiden yakni 20% kursi parlemen atau 25% suara nasional. "Yang kita mau katakan partai nonparlemen maupun parlemen samalah posisinya," sebut dia.

Dia menyampaikan ada pihak lain yang bakal mendekat dan mendukung pencalonan Anies. Dia tak masalah pihak tersebut perorangan atau partai. "Pasti adalah, paling tidak kalau partainya tidak ikut, orangnya banyak yang ikut," ujar dia. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat