visitaaponce.com

Pertemuan Surya Paloh-AHY bakal Percepat Deklarasi Koalisi Perubahan

Pertemuan Surya Paloh-AHY bakal Percepat Deklarasi Koalisi Perubahan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono(MI/Usman Iskandar)

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY di Kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2).

Pertemuan itu dianggap dapat mempercepat puncak deklarasi Koalisi Perubahan sebelum bulan Ramadhan.

Dosen Ilmu Politik & International Studies, Universitas Paramadina A. Khoirul Umam mengatakan langkah itu seperti gayung bersambut dengan rencana Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dikabarkan akan deklarasi pada 23-24 Februari 2023.

"Jika proses negosiasi di antara NasDem, Demokrat & PKS sudah selesai, langkah strategis selanjutnya adalah perlu menyegerakan pembentukan Sekretariat Bersama Koalisi Perubahan, untuk mengefektifkan tugas-tugas koordinasi dalam rangka pemanasan mesin politik koalisi," ujar Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC) itu.

Umam lebih jauh mengatakan pernyataan Surya Paloh yang bahwa AHY merupakan sosok yang lebih dari pantas untuk mendampingi Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dari Partai NasDem, menurutnya menegaskan tidak ada resistensi atau hambatan bakal calon wakil presiden di lingkaran Koalisi Perubahan untuk menyandingkan Anies-AHY.

Baca juga: Surya Paloh: Koalisi Perubahan yakin Pemilu 2024 lebih Bersahabat

"Selama ini, alotnya proses negosiasi di Koalisi Perubahan tampaknya terletak di penentuan nama Cawapres serta skema kompensasi yang dinegosiasikan. Jika penentuan bakal calon wakil presiden sudah selesai, koalisi proses finalisasi menuju akad pengesahan koalisi," ucap Umam.

Jika akad koalisi itu menurutnya bisa dilakukan sebelum Ramadhan, Koalisi Perubahan berpeluang menjadi gerbong koalisi pertama yang memiliki infrastruktur politik lebih lengkap dan sudah selesai dengan perdebatan Capres-Cawapres yang masih menghantui koalisi-koalisi lain.

"Manuver ini berpeluang memicu percepatan finalisasi koalisi-koalisi lainnya, atau mereka akan kehilangan momentum politik jelang satu tahun menuju Pemilu 2024 mendatang," ucapnya.

Berdasarkan data survei lintas lembaga, Umam berpendapat elektabilitas Anies akan terdongkrak cukup signifikan ketika disandingkan dengan AHY. AHY dengan kendaraan politiknya Partai Demokrat disebut akan mampu membawa Anies untuk bergeser ke politik tengah.

"Selama ini, Anies dihantam para rivalnya dengan stigma kanan-konservatif, namun jika Anies-AHY berlayar, karakter politik moderat dan nasionalis-religius akan lebih kuat," tukasnya. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat