visitaaponce.com

TNI AL Gelar Tactical Floor Game untuk Persiapan Latihan Gabungan Lintas Negara

TNI AL Gelar Tactical Floor Game untuk Persiapan Latihan Gabungan Lintas Negara
Para prajurit mengikuti Tactical Floor Game.(Dinas Penerangan Angkatan Laut)

TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) yang merupakan persiapan dari agenda latihan gabungan lintas negara, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

Kegiatan TFG dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Ahmadi Heri Purwono dan dihadiri seejumlah pejabat utama seperti Mabesal Panglima Komando Utama TNI Angkatan Laut, Kapusbekangad, Kapuskersin TNI, Direktur Polairud Polri serta para pejabat Kementerian RI.

Ahmad Heri mengungkapkan, melalui TFG, ia ingin seluruh prajurit bisa mempersiapkan diri dan strategi dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, agenda besar MNEK 2023 bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: TNI AL Kirimkan Logistik untuk Bantu Masalembo yang Alami Krisis Pangan

"Itu harus irencanakan secara detil oleh semua komponen, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik", ujar Ahmad Heri, Selasa (21/3).

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Denih Hendrata mengatakan tujuan utama dari TFG adalah untuk melihat kesiapan dan tanggung jawab dari setiap bagian maupun elemen yang dilibatkan.

Baca juga: Pertemuan Kasal dengan Commander of UAE Navy, ini yang Dibicarakan

Secara rinci, TFG dimaksudkan untuk menguji rencana operasi dengan konsep yang sudah direncanakan, menghindari kekeliuran dan melihat kekurangan-kekurangan yang langsung diuji di lapangan.

“Ini merupakan tahap untuk melihat tanggung jawab dari setiap bagian pelaksanaan event tersebut, dari tingkat tertinggi hingga tingkat terendah,” terang Denih.

Adapin, Kegiatan MNEK 2023 rencananya akan digelar pada pertengahan Juni 2023, di Makassar Sulawesi Selatan, dengan menggandeng sejumlah kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah.

MNEK merupakan latihan yang digelar dengan melibatkan sejumlah negara sahabat dengan materi latihan nonperang. Latihan itu mengedepankan kerja sama maritim guna memperkuat operasi penanggulangan bencana.

MNEK juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan antara TNI AL dengan angkatan laut-angkatan laut negara-negara sahabat. (HO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat