visitaaponce.com

Angkatan Laut Rusia Mulai Latihan Bersama AL Myanmar

Angkatan Laut Rusia Mulai Latihan Bersama AL Myanmar
Angkatan laut Rusia mulai laksanakan latihan gabungan dengan angkatan laut Myanmar(AFP)

KEPALA Angkatan Laut Rusia bertemu dengan kepala junta Myanmar menjelang latihan angkatan laut gabungan yang dimulai hari ini Selasa (7/11). Latihan gabungan pertama yang dilakukan oleh kedua negara yang bersitegang dengan Barat.

Global New Light of Myanmar melaporkan bahwa latihan keamanan yang melibatkan Armada Pasifik Rusia dan Angkatan Laut Myanmar akan berlanjut hingga Kamis di Laut Andaman.

Kedua angkatan laut akan mengirimkan kapal dan pesawat terbang untuk latihan yang mensimulasikan pencegahan bahaya udara, permukaan air, dan bawah air, serta langkah-langkah keamanan maritim.

Baca juga: Rusia Siap Bantu Anak-anak Palestina yang Dievakuasi

Menjelang latihan itu, kepala angkatan laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov bertemu dengan pemimpin junta Min Aung Hlaing di atas kapal perusak Rusia Laksamana Tributs dan memberikan pengarahan tentang kemampuan kapal itu.

Moskow adalah sekutu dekat junta, menyediakan persenjataan dan dukungan diplomatik ketika militer Myanmar berjuang untuk menghancurkan oposisi bersenjata terhadap pemerintahannya.

Baca juga: AS Menuntut Tiga Warga Rusia Lainnya atas Pelanggaran Sanksi

Junta telah menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sebagai kondisi 'dibenarkan'.

Pada bulan September, Myanmar dan Rusia menjadi ketua bersama latihan militer "kontraterorisme" yang diadakan di Timur Jauh Rusia dan menyatukan beberapa negara dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Sejak merebut kekuasaan pada Februari 2021, junta militer Myanmar telah mengimpor persenjataan dan peralatan senilai US$406 juta dari Rusia, demikian ungkap pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Myanmar pada Mei lalu.

Min Aung Hlaing telah melakukan beberapa perjalanan ke Rusia sejak kudeta dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin tahun lalu. (AFP/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat