visitaaponce.com

Myanmar Dilanda Suhu Panas Capai 48,2 Derajat

Myanmar Dilanda Suhu Panas Capai 48,2 Derajat
Gelombang suhu panas melanda Kota Yangon Myanmar(AFP)

MYANMAR mencatat suhu terpanas pada April mencapai 48,2 derajat celcius. Kabar ini muncul di tengah gelombang panas yang sedang melanda Asia Tenggara.

“Suhu tersebut menerjang kota Chauk di wilayah Magway, Myanmar tengah, pada Minggu (28/4),” menurut pernyataan dari kantor cuaca negara tersebut, kemarin.

Angka ini menjadi suhu tertinggi yang pernah didokumentasikan di Myanmar sejak pencatatan dimulai 56 tahun lalu. Pada hari yang sama suhu mencapai 40 derajat celcius di pusat komersial Yangon dan 44 derajat celcius di kota Mandalay.

Baca juga : Makin Panas, Suhu Majalengka Capai 38,7 Derajat Celsius

“Di sini terlalu panas, dan kami semua hanya tinggal di rumah. Kami tidak bisa berbuat apa-apa jika keadaan seperti ini,”kata seorang warga Chauk, daerah yang terletak di dataran gersang Myanmar.

Lembaga pemantau cuaca Myanmar menyatakan suhu siang hari di wilayah kering di negara ini pada pekan lalu mengalami kenaikan 3 hingga 4 derajat celcius dari rata-rata pada April. Sementara suhu global mencapai rekor tertinggi tahun lalu.

Organisasi Meteorologi Dunia PBB mengatakan Asia mengalami pemanasan dengan sangat cepat, dan dampaknya menjadi lebih parah. Hasil penelitian ilmiah menunjukkan perubahan iklim menyebabkan gelombang panas akan lebih lama, lebih sering, dan lebih intens. (AFP/Cah)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat