visitaaponce.com

Makin Panas, Suhu Majalengka Capai 38,7 Derajat Celsius

Makin Panas, Suhu Majalengka Capai 38,7 Derajat Celsius
Ilustrasi suhu panas yang semakin meningkat hingga mendekati 40 derajat celsius di Majalengka, Jawa Barat.(Freepik)

BMKG Stasiun Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mencatat suhu panas tertinggi di musim kemarau ini mencapai 38,7 derajat celcius. Plt Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmaad Faa Izyn menjelaskan suhu 38,7 derajat celsius tersebut terpantau pada 9 Oktober 2023.

“Terjadi pekan lalu, tepatnya 9 Oktober 2023,” tutur Faiz, Senin (16/10).

Hingga kini, lanjut Faiz, suhu 38,7 derajat celsius pada pekan lalu merupakan yang tertinggi dari hasil pemantauan selama musim kemarau ini.

Baca juga: Suhu Udara di Cirebon Capai 38 Derajat Celsius

Bahkan, suhu tersebut menduduki peringkat pertama tertinggi dari hasil pemantauan di 20 stasiun BMKG se-Indonesia. Ditambahkan Faiz, suhu maksimum diprediksi bakal berlangsung hingga akhir Oktober 2023.

“Meski sejauh ini dari hasil pemantauan rata-rata suhu di Majalengka relatif mulai menurun,” tutur Faiz.

Baca juga: BMKG: Suhu Panas di Jabar Masih Terus Terjadi Sampai November

Penurunan suhu yang terjadi saat ini, lanjut Faiz, tidak terlepas dari faktor sejumlah wilayah sekitar Majalengka, seperti Cirebon, yang mulai memasuki awal musim hujan. Bahkan di sebagian wilayah selatan Kabupaten Majalengka pun saat ini sudah mulai memasuki awal musim hujan. “Diprakirakan akan merata di wilayah lainnya mulai awal bulan depan,” tutur Faiz.

Suhu 38,7 derajat celsius tersebut merupakan yang tertinggi di Majalengka selama satu dekade terakhir. Sebelumnya, di tahun 2022 BMKG Kertajati menyebutkan suhu di Majalengka pernah mencapai 40 derajat celsius yang terjadi pada 12 Oktober 2002.

Sedangkan berdasarkan data pengamatan cuaca permukaan selama kurun 1978--2022 rata-rata suhu maksimum di Kabupaten Majalengka mencapai 38,6–40 derajat celcius. Suhu maksimum tersebut biasanya terjadi pada bulan September-November.

(Z-9)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat