visitaaponce.com

Suhu Udara di Cirebon Capai 38 Derajat Celsius

Suhu Udara di Cirebon Capai 38 Derajat Celsius
Ilustrasi.(Antara.)

SUHU udara di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka saat ini mencapai 38 derajat celsius. Ini terjadi dalam beberapa hari terakhir sehingga masyarakat setempat merasakan cuaca yang lebih panas dibandingkan biasanya. 

"Hal tersebut disebabkan pergerakan semu matahari pada akhir September hingga Oktober 2023," tutur Plt Kepala BMKG Stasiun Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Iziyn, Senin (2/10). Posisi matahari selama periode tersebut, lanjut Faiz, tepat berada di atas Indonesia, khususnya Pulau Jawa. 

"Akibatnya, suhu udara menjadi lebih panas," tutur Faiz. Bahkan dalam sepekan terakhir, lanjut Faiz, suhu udara maksimum mencapai 38 derajat celsius.  

Baca juga: Lahan Bawang Merah di Pidie Diserang Ulat

Suhu panas saat ini, menurut Faiz, juga disebabkan oleh faktor lokal dan lingkungan sekitar. Pemantauan suhu udara maksiumum dilakukan setiap hari. Suhu panas ini diprakirakan berlanjut hingga bulan ini. 

Jadi, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Itu terutama bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Ini perlu dilakukan agar tidak mengalami dehidrasi, kelelahan, dan dampak buruk lain akibat suhu panas.

Baca juga: Peternak Sapi di Jawa Timur Bangkit Kembali

Untuk awal musim hujan di wilayah Cirebon diprakirakan mundur satu hingga dua dasarian atau 10-20 hari dibanding tahun sebelumnya. "Mundurnya prediksi awal musim hujan ini tidak terlepas dari fenomena El Nino yang melanda wilayah Indonesia saat ini," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat