visitaaponce.com

Lahan Bawang Merah di Pidie Diserang Ulat

Lahan Bawang Merah di Pidie Diserang Ulat
Tanaman bawang merah di Pidie, Aceh.(MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)

PULUHAN hektare lahan bawang merah di Kabupaten Pidie, Aceh, saat ini diserang ulat penggerek daun. Ulat berwarna hijau daun itu menggasak bagian pucuk bawang hingga turun sampai umbi.

Lahan-lahan yang terserang ulat kecil berparuh keras itu tersebar di Kecamatan Peukan Baro, Simpang Tiga, Pidie, Indrajaya dan Kecamatan Kembang Tanjung. Di Kecamatan Pekan Baro, lokasi paling parah serangan adalah di Kemukiman Bambi.

Jamil, petani bawang di Kecamatan Peukan Baro, kepada Media Indonesia, mengatakan pertumbuhan populasi ulat sebesar lidi kelapa itu tergolong sangat cepat. Dalam sepekan saja bisa menyebar belasan hektare.

Baca juga: Jelang Musim Panen, Sawah di Pidie Diserang Burung Pipit

Bila tidak segera diatasi semua daun bawang bisa lenyap. Kalau daunnya habis akan mengganggu pertumbuhan umbi sehingga berakibat puso (gagal panen).

Dikatakan Jamil, untuk mencegah serangan tidak meluas petani harus rajin mengontrol dan membuang ulat dari daun bawang. Lalu lebih sering menyemprot racun.

Baca juga: Petani Pinrang Manfaatkan Burung Hantu untuk Barantas Hama Tikus

"Saya sering mengutip ulat penggerek hijau itu dari pucuk daun. Lalu meyemprot (racun) setiap pagi dan sore hari. Itulah yang rajin saya lakukan hingga serangan tidak begitu parah," tutur Jamil.

Berdasarkan keterangan dari beberapa petani, pada panen bulan lalu, sebagian besar mengalami kerugian. Ditengarai itu juga diakibatkan kekeringan akibat El Nino. 

Produksi bawang yang biasanya mencapai 12 banding 1, ternyata hanya mendapat berkisar 4 sampai 6 banding 1.

"Sering hasil produksi panen mencapai 12 kg dari 1 kg benih. Tapi sebulan lalu hanya 4 sampai 6 kg dari 1 kg benih unggul" kata Syarif, tokoh masyarakat Kemukiman Bambi, Kecamatan Peukan Baro. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat