visitaaponce.com

Waspada Ancaman Panas Ekstrem dengan Dekatnya Musim Panas

Waspada Ancaman Panas Ekstrem dengan Dekatnya Musim Panas
Ilustrasi - Palang Merah dan Badan Bantuan Luar Negeri Amerika Serikat, memperingatkan tentang bahaya panas ekstrem.(AFP)

PANAS ekstrem merupakan salah satu masalah paling mematikan dari perubahan iklim meskipun menerima perhatian lebih sedikit dibandingkan efek samping lainnya seperti badai dan banjir, demikian peringatan dua organisasi kemanusiaan terkemuka dunia pada hari Kamis.

Tahun 2023 merupakan tahun terpanas yang tercatat, dengan meningkatnya suhu yang memengaruhi populasi paling rentan -- orang lanjut usia, pekerja di luar ruangan, dan mereka yang tidak memiliki akses ke sistem pendinginan seperti AC.

Palang Merah dan Badan Bantuan Luar Negeri Amerika Serikat menyampaikan peringatan mereka terhadap "pembunuh tak terlihat" dari panas ekstrem pada sebuah pertemuan virtual, diikuti Amerika Serikat yang keluar dari musim dingin terhangat yang pernah tercatat.

Baca juga : Suhu Ekstrem, 37 Juta Penduduk Amerika Hadapi Cuaca Panas Berbahaya

"Kami menyerukan kepada pemerintah, masyarakat sipil, kaum muda, dan semua pemangku kepentingan untuk mengambil langkah-langkah konkret di seluruh dunia untuk membantu mempersiapkan negara dan komunitas untuk panas ekstrem," kata Jagan Chapagain, sekretaris jenderal Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Kepala USAID Samantha Power memperingatkan bahwa di Amerika Serikat, "panas sudah lebih mematikan daripada badai, banjir, dan tornado digabungkan."

"Kami menyerukan kepada lembaga pembangunan, filantropi, dan donor lainnya untuk mengakui ancaman yang ditimbulkan oleh panas ekstrem terhadap kemanusiaan, dan untuk menyediakan sumber daya untuk membantu komunitas menahan ancaman tersebut," katanya.

Baca juga : Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah Texas, Satu Korban Jiwa

Menggarisbawahi upaya yang sedang berlangsung dalam mengatasi suhu ekstrem, Power mengatakan bahwa USAID mendukung program untuk membangun "sekolah tahan panas" di Yordania, menggunakan "sistem pemanasan dan pendinginan pasif, isolasi termal, jendela kaca ganda, dan pendingin udara."

Efek perubahan iklim tidak terbatas pada tempat-tempat yang sudah panas seperti Timur Tengah: di Eropa, benua yang paling cepat menghangat di dunia, lebih dari 60.000 orang diperkirakan meninggal karena gelombang panas pada tahun 2022, catat utusan iklim AS John Podesta.

"Informasi dan layanan iklim termasuk peringatan dini dapat menyelamatkan nyawa dan aset," tambahnya. "Tetapi sepertiga dari populasi dunia tidak memiliki akses ke informasi penyelamatan nyawa ini."

Upaya lain termasuk di Freetown, ibu kota Sierra Leone, di mana hampir satu juta pohon telah ditanam sejak tahun 2020.

"Tetapi kita tidak boleh membiarkan percakapan ini melepaskan siapa pun dari tanggung jawabnya dalam mengurangi emisi," kata Wali Kota Freetown Yvonne Aki-Sawyerr. (AFP/Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat