visitaaponce.com

Langkah Prabowo dan Ganjar Mempengaruhi Formasi KIB

Langkah Prabowo dan Ganjar Mempengaruhi Formasi KIB
Langkah Prabowo dan Ganjar akan menentukan formasi koalisi Indonesia bersatu. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

LANGKAH Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan politikus PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 disebut menentukan formasi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Poros tersebut saat ini terdiri dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Demikian juga soal siapa partai atau koalisi partai pengusungnya. Bisa kemudian komposisi berubah, termasuk formasi KIB itu sendiri. Ini juga akan dipengaruhi oleh paslon yang disepakati untuk diusung," kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani, Kamis (23/3).

Menurut Arsul, peluang Prabowo dan Ganjar sebagai pasangan calon (paslon) calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) atau menjadi rival, masih terbuka. Nasib keduanya maju dalam kontestasi Pilpres 2024 diyakini menunggu sikap PDIP.

Baca juga: Relawan Sebut Prabowo-Puan Calon Potensial 2024

"Paling tidak kesimpulan itu baru bisa dilihat setelah PDIP mengumunkan siapa capres atau bahkan paslon yang akan diusungnya dalam Pilpres 2024," ucap Arsul.

PPP, kata Arsul, juga mencermati figur yang berkembang sebelum nantinya resmi memutuskan mengusung sosok capres tersebut. Ia juga tak memungkiri bahwa Prabowo dan Ganjar merupakan figur yang juga mendapat dukungan di internal PPP.

Baca juga: Koalisi Perubahan Buka Pintu ke Partai Lain

"Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto itu kan memang nama-nama yang juga ada pendukungnya di PPP sebagaimana nama-nama yang lain," ucap Arsul.

Prabowo dan Ganjar sempat terlihat bersama, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pada Kamis (9/3). (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat