visitaaponce.com

Resmi Jabat Kepala BNPT, Rycko Amelza Akan Optimalkan Program Deradikalisasi

Resmi Jabat Kepala BNPT, Rycko Amelza Akan Optimalkan Program Deradikalisasi
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel(Medcom/Kautsar Widya Prabowo)

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan akan mengawali kerjanya dengan mengoptimalkan program deradikalisasi. Program ini akan ditujukan kepada pihak-pihak yang sempat terpapar paham radikal

"Kita tentunya akan melakukan berbagai upaya, pendekatan secara preemptif, secara persuasif, tentunya dengan mengedepankan upaya-upaya pencegahan," ujar Rycko ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/4). 

Rycko menjelaskan upaya pencegahahan paham radikal dilakukan melalui edukasi di tempat pendidikan hingga meciptakan kesejahteraan. Program deradikalisasi akan dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. 

Baca juga : Kapolri Tunjuk Komjen Rycko Amelza Dahniel Jadi Kepala BNPT

Jenderal bintang tiga itu menekankan akan mengedepankan pendekatan humanis ketimbang penegakan hukum. Tindakan tegas menjadi pilihan terakhir dalam menangani persoalan terorisme di Tanah Air. 

"Penegakan hukum akan ditempatkan sebagai ultimum remedium. Ideologi (teroris) ini berkembang dari intoleran, berkembang lagi ke atas menjadi ideologi radikal, dan akhirnya menjadi penggunaan ancaman kekerasan," jelasnya. (Medcom/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat