visitaaponce.com

Sudah Diberhentikan, Endar Priantoro Masih Ngantor ke KPK

Sudah Diberhentikan, Endar Priantoro Masih Ngantor ke KPK
Endar Priantoro memberi keterangan di Kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Jakarta, Selasa (4/4).(Medcom/Candra Yuri Nuralam)

Endar Priantoro mengaku masih bisa masuk ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meski telah diberhentikan dengan hormat. Dia bahkan masih terus berkomunikasi dengan atasannya.

"Sampai dengan hari ini saya hanya komunikasi kepada pimpinan, karena sampai hari ini juga saya masih bisa masuk ke kantor," ujar Endar di Kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Jakarta, Selasa (4/4).

Endar mengatakan hal tersebut masih bisa ia lakukan lantaran pemberhentiannya sebagai Direktur Penyelidikan belum final. Pasalnya, surat keputusan terkait pemberhentian belum diterima hingga saat ini.

Baca juga: Endar Klaim Perintah Penugasan Berasal dari Kapolri, Bukan Usulan KPK

"Sampai hari ini saya juga belum menerima putusan dari SK pemberhentian itu. Saya datang ke sini atas perintah Bapak Kapolri yang memerintahkan saya tetap melaksanakan tugas di KPK," ucap Endar.

Di sisi lain, KPK sudah menunjuk Jaksa Ronald Worotikan sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Penyelidikan. Ronald mulai bekerja per 1 April 2023. Keputusan itu diambil setelah Endar diberhentikan dengan hormat pada 31 April 2023.

Baca juga: Endar Priantoro Berencana Bawa Pemberhentiannya di KPK ke PTUN

KPK sendiri ngotot tidak mau menerima Endar karena tidak ada surat usulan ke Polri. Surat dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait penempatannya di lembaga antirasuah menjadi sia-sia karena tidak ada permintaan.

Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri mengatakan Endar wajib mendapatkan surat usulan dari KPK ke Polri jika mau tetap bekerja di KPK. Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Komisi (Perkom) dan Peraturan Kapolri (Perkap). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat