visitaaponce.com

Ganjar Berpotensi Kehilangan Suara Pemilih milenial

Ganjar Berpotensi Kehilangan Suara Pemilih milenial
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo(MI/Hariyanto Mega)

Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Asrinaldi menyebut sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menolak kehadiran timnas Israel pada ajang Piala Dunia U-20 bisa berimbas pada elektabilitasnya.

"Sedikit banyaknya akan mempengaruhi cara pikir masyarakat terhadap sosok Ganjar ini apakah layak menjadi presiden atau tidak," ujar Asrinaldi di Padang, Sumatra Barat, Rabu (5/4).

Berkaca dari reaksi netizen di dunia maya, ia melihat banyak sekali yang menaruh kekecewaan pada politisi PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Sentimen Pembahasan Ganjar Pranowo 90% Negatif Akibat Batalnya Piala Dunia U-20

Asrinaldi meyakini dampak penurunan elektabilitas Ganjar akan tajam di segmen pemilih milenial yang selama ini melek dengan perkembangan teknologi informasi. Termasuk pula, lanjutnya, pada kategori pemilih yang selama ini menggemari olahraga khususnya sepak bola.

Berbeda halnya dengan Ganjar, polemik Piala Dunia U-20 justru bisa menaikkan elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Sikap Tolak Israel dinilai akan Berdampak Buruk Bagi Karir Politik Ganjar

Pasalnya, beberapa waktu terakhir, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut gigih memperjuangkan dan melobi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) agar Piala Dunia U-20 tetap berlangsung di Tanah Air.

Meskipun Indonesia sudah dipastikan batal sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20, kerja keras PSSI di bawah Erick Thohir bisa menjadi penilaian positif tersendiri.

"Apakah yang dilakukan Erick itu mempengaruhi (elektabilitas), menurut saya iya," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat