visitaaponce.com

Ini Kata Wamenkumham Soal Dugaan Keterlibatan Anak Yasonna dalam Bisnis di Lapas

Ini Kata Wamenkumham Soal Dugaan Keterlibatan Anak Yasonna dalam Bisnis di Lapas
Putra Menkumham Yasonna Laoly, Yamitema Tirtajaya Laoly (kiri)(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

WAKIL Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward OS Hiariej atau yang kerap disapa Eddy angkat bicara mengenai dugaan keterlibatan anak Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Yamitema Laoly, dalam monopoli bisnis di Lembaga Permasyarakatan (Lapas). 

Wamenkumham menyebut kabar itu rumor. Menurut Eddy, keberadaan kantin dan katering di Lapas dibutuhkan.

“Itu kan baru rumor yang beredar ya. Mengenai segala sesuatu saya kira karena selama saya berkunjung ke Lapas selama ini pembinaan dan kemitraan yang dilakukan sangat baik, justru sangat membantu narapidana,” ujar Eddy kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5).

Baca juga: 5 Jam KPK Periksa Anak Yasonna Laoly

Eddy enggan berbicara lebih jauh mengenai tudingan keterlibatan anak Menkumham. Menurutnya, isu-isu yang beredar masih perlu didalami. 

Namun, Eddy menjelaskan, dari pengalamannya mengunjungi Lapas, kemitraan seperti koperasi ataupun katering membantu narapidana.

“Pengalaman di lapangan selama ini, saya mengunjungi sudah puluhan bahkan ratusan rutan dan lapas. Kemitraan yang dilakukan oleh koperasi dan (cek) berlangsung baik dan sangat membantu," kilahnya.

Baca juga: Anak Yasonna Laoly Penuhi Panggilan KPK

Di media sosial beredar isu terkait monopoli bisnis di lapas yang melibatkan seorang anak menteri. Isu berawal dari kutipan video wawancara antara aktor Tio Pakusadewo yang pernah menjadi narapidana di Lapas narkotika dan presenter Uya Kuya.

Dalam video tersebut, Tio mengungkapkan soal dugaan keterlibatans anak salah seorang menteri dalam bisnis di Lapas. Tetapi ia enggan menyebut sosok tersebut secara spesifik. Eddy mengaku tidak ingin berkomentar mengenai tudigan itu.

“Sekali lagi saya tidak menjawab itu persoalan tuduhan, tetapi saya soal realita dan fakta di lapangan,” pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat