visitaaponce.com

Alasan Demokrat Tolak Wacana PKS Sandiaga Cawapres Anies

Alasan Demokrat Tolak Wacana PKS Sandiaga Cawapres Anies
Para pendukung Anis Baswedan berpidato pada acara Deklarasi Relawan Amanat Indonesia (ANIES) di Tennis Indoor Senayan, Minggu (7/5/2023).(MI/Bilal Nugraha Ginanjar.)

PARTAI Demokrat tak sepakat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memberi peluang kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan. Alasannya, Sandiaga pernah kalah saat berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kami menghormati Mas Sandi karena pernah berjuang bersama di Pilpres 2019. Hanya, kalau berjuang kembali di 2024, sepertinya berat," kata juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra melalui keterangan tertulis, Selasa, 9 Mei 2023.

Herzaky mengatakan Sandiaga sudah berada di barisan mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung Anies menginginkan perubahan dari era Jokowi.

Baca juga: Surya Paloh : Jangan Terus Pertajam Perbedaan, Gol Besar Kita Indonesia Maju

"Posisi beliau juga sudah jelas, bagian dari status quo, pemerintahan saat ini. Sedangkan kami memperjuangkan perubahan," ucap Herzaky.

Sebelumnya, PKS menyatakan masih memungkinkan Sandiaga dipasangkan menjadi cawapres untuk Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Politik sangat dinamis dan semua kemungkinan masih bisa terjadi.

Baca juga: Ulang Tahun, Anies Baswedan Tampilkan Foto-Fotonya Berumur Setahun

"Iya sangat mungkin kalau memang itu bisa diwujudkan ya. Saya pernah bahkan menginisiasi ini ketika setahun lalu dalam pertemuan di Makassar," ungkap Presiden PKS Ahmad Syaikhu, di Gedung KPU, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat