visitaaponce.com

PPP Nilai Erick Thohir Cocok Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

PPP Nilai Erick Thohir Cocok Dampingi Ganjar di Pilpres 2024
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir dinilai cocok menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2024.(ANTARA)

KETUA Dewan Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau akrab disapa Rommy mengatakan, Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir cocok untuk mendampingi calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Ia menjelaskan dalam sejarah kepemimpinan Indonesia dan upaya pemenangan pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres), pemimpin bercorak nasionalis memiliki peluang lebih besar ketika berpasangan dengan pemimpin bercorak religius.

Karena itu, Rommy berpendapat Ganjar yang bercorak nasionalis cocok untuk bersanding dengan pemimpin religius yang salah satunya ialah Erick Thohir. "Jadi kalau ditanya (Erick Thohir) cocok untuk berpasangan dengan Ganjar Pranowo, cocok," terang Rommy di kanal YouTube Gaspol Kompas.com, Jumat (12/5).

Ia juga mengatakan Erick merupakan pemimpin yang berada di jajaran teratas dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (nahdliyin). Rommy membeberkan PBNU tengah melakukan seleksi untuk mengusulkan kadernya untuk menjadi salah satu pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Saya dengar PBNU tengah melakukan 'seleksi' dari nama-nama kader NU, Erick Thohir memuncaki klasemen kandidat cawapres PBNU, karena sudah kader NU," ujarnya.


Baca juga: Soal Cawapres, Golkar Minta PKB Kedepankan Prinsip Setara


Selain itu, Rommy menjelaskan Erick Thohir saat ini sudah menjadi kader NU. Menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo itu telah menjadi Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Peringatan Satu Abad NU.

Di samping itu, Erick juga menerima amanah dari Wapres Indonesia KH Ma'ruf Amin yang juga mantan Rais Aam NU posisi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Posisi ini menugaskan Eks Presiden Inter Milan tersebut mengembangkan sektor ekonomi syariah di Indonesia.

Kerja nyata yang monumental dilakukan oleh Erick Thohir sebagai Menteri BUMN sekaligus Ketum MES adalah mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan menggabungkan bank–bank syariah milik negara yakni Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Bank ini berdiri dengan menjadi bank ketujuh terbesar di Indonesia dan sekarang berada di posisi enam.

Dengan pencapaian tersebut, branding pemimpin religius dan kader NU sangat melekat dengan Erick Thohir sehingga potensial untuk melengkapi pemimpin yang bercorak nasionalis pada Pilpres 2024 mendatang.

"Pak Erick Thohir salah satu pemimpin yang memiliki branding religius, kita tahu persis Pak Erick Thohir menjabat Ketua MES, masuk menjadi Banser, ketua panitia Satu Abad NU, artinya Pak Erick Thohir sudah menjadi NU. Pak Erick Thohir juga tidak hanya concern di NU tapi juga perbankan syariah," pungkas Rommy. (RO/I-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat