visitaaponce.com

Soal Cawapres, Golkar Minta PKB Kedepankan Prinsip Setara

Soal Cawapres, Golkar Minta PKB Kedepankan Prinsip Setara
Kepala Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Nusron Wahid (kedua dari kiri).(Antara)

KEPALA Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Nusron Wahid meminta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengedepankan prinsip kesetaraan dalam upaya membangun koalisi besar gabungan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Koalisi besar adalah gagasan membangun Indonesia yang berlandaskan kebersamaan dan kesetaraan. Semua fakta politik dibangun atas dasar kesetaraan komunikasi," kata Nusron, Jumat (12/5).

Nusron merespon pernyataan elit PKB yang menyebut upaya membangun koalisi besar hanya wacana dan tidak ada opsi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk diusung sebagai calon wakil presiden.

Baca juga : Cak Imin Secepatnya Umumkan Golkar Gabung KKIR dan Dukung Prabowo di Pilpres 2024

"Kita harus punya niat dan prinsip kerja yang sama; yaitu niat untuk menang dan cara kerja untuk menang. Karena itu sebaiknya kita lanjutkan pembicaraan dengan prinsip kesetaraan”

Nusron masih optimistis ketua umumnya Airlangga akan berhasil meleburkan dua koalisi KKIR dan KIB dengan deklarasi pada saat dan momen yang tepat. Dia juga yakin semua ketua umum parpol yang tergabung dalam koalisi tersebut yang pada akhirnya mencapai kesepakatan mengenai capres dan cawapres yang akan diusung.

Baca juga : Golkar-PKB bakal Serahkan Pilihan Kursi Cawapres ke Prabowo?

"Saya yakin, pada akhirnya baik Pak Prabowo sebagai Ketum Gerindra, Pak Airlangga sebagai Ketum Golkar, Pak Muhaimin sebagai Ketum PKB dan dua ketum koalisi KIB pada akhirnya akan mempunyai pilihan yang terbaik," kata Nusron.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyatakan koalisi besar hanya sekadar wacana yang digulirkan dan tidak dideklarasikan secara resmi. Hal itu ditegaskan Jazulil menanggapi isu pembentukan koalisi besar setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Wacana koalisi besar yang digulirkan menurut Jazilul hanya berbentuk ide yang tidak akan mengubah koalisi yang sudah dibangun antara Gerindra dan PKB yaitu Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat