visitaaponce.com

Surya Paloh Yakinkan Kadernya, NasDem Bisa Jadi Runner Up Pemilu 2024

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh meyakinkan kadernya bahwa NasDem bisa menjadi pemenang runner up pada pemilu 2024 mendatang. Dengan syarat, jumlah kursi DPR RI Partai NasDem harus naik signifikan dari 59 saat ini menjadi minimal 100 kursi DPR RI.

Hal ini dikatakan Surya Paloh dalam sambutannya di acara Rapat Konsolidasi & Koordinasi Pendalaman Bacaleg 2024, Provinsi Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua & Papua Barat, Selasa, 7 Maret 2023 di Ball Room, Hotel/ Resort Intercontinental Jimbaran Kuta, Badung, Provinsi Bali.

"Sebagai Ketua Umum Partai NasDem ini kalau saudara tanya kepada saya, apakah kita cukup realistis menempatkan objektif goal dalam peningkatan jumlah kursi yang begitu luarbiasa, kalau pertanyaan itu ditujukan kepada saya, saya sekarang juga jawab iya. Kalau kita mau kita insyaallah bisa capai itu," kata Surya Paloh seperti dilaporkan oleh Metro TV.

Baca juga : PKS Tidak Khawatir Demokrat Bakal Bermanuver

Hal senada dikatakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh yang mengatakan target 100 kursi sangat masuk akal. Prananda mencontohkan bahwa hasil survei terbaru dari kompas menyatakan elektabilitas Partai NasDem naik dari 4,3% empat bulan lalu kini menjadi 7,4%.

Seusai berpidato, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beserta Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh serta jajaran pengurus DPP Partai NasDem, secara resmi membuka Rapat Konsolidasi & Koordinasi Pendalaman Bacaleg 2024, Provinsi Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua & Papua Barat, tersebut ditandai dengan pemukulan gong.

Acara akan berlangsung dua hari diikuti Dewan Pimpinan Daerah (DPW) Nasdem 11 propinsi dengan total peserta mencapai 390 orang. Dari unsur pengurus DPW hadir Ketua, Sekretaris, Wakil Ketua Organisasi dan Keanggotaan (OK), Wakil Ketua Pemenangan Pemilu, dan para bakal caleg (bacaleg) DPR RI. Sementara peserta dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) melibatkan Ketua, Sekretaris, dan Wakil Ketua Pemenangan Pemilu.

Baca juga : Pertemuan Surya Paloh-AHY bakal Percepat Deklarasi Koalisi Perubahan

Acara ini sendiri dalam rangka menyusun dan mematangkan strategi pemenangan Pilpres dan Pileg Pemilu 2024 yang akan digelar selama dua hari, 7-8 maret 2023.

Koalisi Perubahan

Sebelumnya,  pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono serta deklarasi pengusungan Anies Baswedan sebagai capres oleh PKS, Kamis (23/2), membuka peluang percepatan deklarasi Koalisi Perubahan.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan Sekretariat Bersama Koalisi Perubahan pun segera dideklarasikan awal Maret nanti.

Baca juga : Makan Siang Bersama Surya Paloh, AHY Siap Jadi Cawapres

"Syarat formal ataupun materiel sudah matang, sekretariat sudah ada tempat. Insya Allah awal Maret kami akan mengumumkan beberapa hal ke publik terkait dengan koalisi dan lain sebagainya," ujarnya.

Menurutnya, Koalisi Perubahan lebih cepat bisa merampungkan penyatuan, publik yang diuntungkan. "Apalagi, setelah kemarin deklarasi PKS, ya tinggal tanggal kapan yang pas untuk mendeklarasikan bersama-sama.''

Soal calon wakil presiden yang hingga sekarang belum jelas sosoknya, Willy Aditya menyampaikan Koalisi Perubahan tidak lagi mempermasalahkan hal itu. Ketiga partai sudah sepakat menyerahkan pilihan kepada Anies Baswedan.

Peneliti dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai Partai NasDem, Demokrat, dan PKS harus terus menjaga dan memperkuat soliditas hingga nantinya Anies Baswedan bisa secara resmi dicalonkan untuk pemilu 2024. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat