visitaaponce.com

Ini Kriteria Wapres yang Pas Untuk Indonesia Menurut Try Sutrisno

Ini Kriteria Wapres yang Pas Untuk Indonesia Menurut Try Sutrisno
Wapres Ke-6 RI Try Sutrisno bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar(MI/Adam Dwi)

WAKIL Presiden (Wapres) ke-6 RI Try Sutrisno mengungkapkan kriteria Wapres yang pas untuk Indonesia. Dia mengatakan ada tiga hal yang harus dimiliki seorang Wapres.

Dijelaskan Try, sosok Wapres yang pas untuk Indonesia tidak bisa hanya cerdas secara akal, begitu pula tidak bisa sekadar lembut secara hati.

"Jadi pemimpin itu harus terang pikirannya, bersih hatinya dan mantep iman serta taqwanya. Tiga ini mesti dijadikan pegangan," tutur Try di kediamannya, Sabtu (20/5).

Baca juga : Try Sutrisno Ingatkan Jangan Ada Intervensi dan Cawe-Cawe

Lanjut Try, seorang Wapres yang baik juga harus mampu intropeksi diri setiap harinya. Dan harus mampu menjalani pekerjaan sehari-hari dengan baik.

"Kalau sebelum tidur selalu ingat hari ini sudah berbuat apa, kalau sudah berbuat baik besok harus lebih baik. Hari ini jelek, harus minta maaf sama tuhan, supaya agar dimaafkan dan bersih kehidupannya," ujarnya.

Baca juga : AHY: Hukum Tajam ke Lawan, Tumpul ke Kawan

Try menuturkan, sepanjang karirnya menjadi Wapres sepanjang periode 1993-1998 dirinya diberi amanat oleh Presiden Soeharto sebagai pengawas karenanya tiga aspek itu penting untuk dimiliki.

"Karena di dldalam UUD dijelaskan wakil presiden adalah pembantu presiden. Apa pembantu artinya, kalau saya dulu sebagai Wapres itu oleh pak Harto diserahi tugas pengawasan. Tugas presiden mimpin pembangunan dari ekonomi, politik, budaya, semua presiden. Wapres yang membantu,  diserahi pengawasan didalam manajemen," tuturnya.

Dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan segera berlangsung. Try pun mengapresiasi semua pihak yang bersemangat untuk mencalonkan diri maju sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat