visitaaponce.com

PKB Klaim Belum Ada Titik Temu Dengan Golkar

PKB Klaim Belum Ada Titik Temu Dengan Golkar
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan).(MI/Moh Irfan)

MESKI sudah digelar pertemuan beberapa kali antara Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, tetapi hingga kini keduanya belum menemukan titik terang terkait kepastian koalisi inti dan calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di pemilu 2024.

Kepala Bappilu Presiden PKB Faizol Riza saat dihubungi mengatakan piagam kesepakatan yang sudah dibuat antara PKB dan Gerindra mengikat dari awal hingga akhir dan saling menghormati. Karena itu, tidak mungkin ada pihak ketiga yang muncul tiba-tiba melanggar kesepakatan tersebut.

“Belum ada tiitik temu. Kami sudah jelas terikat dengan gerindra dengan kesepakatan tertulis dan itu mengikat dari awal sampai akhir. Tidak mungkin dengan piagam itu tidak saling menghormati ujug-ujug ada pihak lain masuk. Kesepakatan yang dibuat harus saling mengetahui PKB diketahui Gerindra begitu sebaliknya. Dan kami tidak membuka pembahasan tersebut,” ungkapnya, Kamis (25/5).

Baca juga: Target Muhaimin: Capres Harus NU, Minimal Cawapres

Peranyataan sikap tersebut menurutnya masih sama disampaikan kepada Golkar bahwa KKR mengusung paket Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar. Dia meminta semua pihak atau partai politik lain untuk menghormati kesepakatan itu namun PKB tetap terbuka jika ada partai politik lain yang ingin bergabung membangun pemerintahan baru meneruskan apa yang sudah dibangun oleh Presien Joko Widodo.

“Sudah tegas bahwa capres dari Gerindra, cawarepsnya dari PKB jadi siapa pun dari partai dalam koalisi ini harus menghormati keputusan bersama antara Gerindra dan PKB. Sejauh ini walau pun belum resmi dideklarasikan capresnya adalah Prabowo dan Imin, kami terbuka untuk partai lain bergabung dan ini tidak bisa hanya disokong oleh dua parpol saja,” paparnya.

Baca juga: Relawan Jokowi-Gibran Sebut Prabowo-Airlangga Berpeluang Di Pilpres 2024

Sikap saling menghormati antara Gerindra dan PKB juga disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat ditemuai di gedung DPR, Jakarta. Dalam melakukan penjajakan dengan partai politik lain PKB selalu memberikan informasi kepada Gerindra dan juga Gerindra juga selalu mengabarkan kepada PKB.

“Karena itu komitmne bersama dan masih berlaku sampai sekarang. Golkar Gerindra sebetulnya sering banget ketemu,” tukasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat